Menaker: SDM Indonesia harus kompetitif

Kamis, 14 September 2017 20:51 Reporter : Haris Kurniawan
Menaker: SDM Indonesia harus kompetitif Menaker Hanif Dhakiri. ©2017 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri berharap sumber daya manusia (SDM) Indonesia kompetitif untuk dunia kerja. Hal ini menyusul dengan perkembangan teknologi, politik dan ekonomi.

"Kita harus pastikan bahwa SDM Indonesia kompetitif," ujar Hanif di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menegaskan, apabila kompetisinya di bawah standar, maka dikhawatirkan bisa kalah dengan persaingan tenaga kerja dari negara lain. Karenanya, kualitas pekerja dalam negeri harus mampu di atas pasar kerja pada umumnya.

Ia melanjutkan, masyarakat perlu melihat ke depan terhadap capaian pembangunan ketenagakerjaan Indonesia. Tujuannya ialah untuk keberlangsungan pembangunan ketenagakerjaan.

"Karena dengan menghargai capaian-capaian kecil ini kita bisa berpikir positif. Jadi kalau kita mulai transformasi ke SDM, masalah ini harus segera kita atasi karena kita juga akan menghadapi bonus demografi," ujar Hanif.

Salah satu cara untuk meningkatkan hal tersebut ialah dengan memajukan pelatihan vokasi. Kegiatan tersebut pun hingga kini terus digalakkan pemerintah. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jakarta
  3. Berita Kemnaker
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini