Melantai di Bursa Saham, Perusahaan Pembalut Wanita Ini Incar Rp1,2 Triliun

Senin, 25 November 2019 14:34 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Melantai di Bursa Saham, Perusahaan Pembalut Wanita Ini Incar Rp1,2 Triliun Peluncuran IDX30. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) yang bergerak di bidang produksi popok bayi, pembalut wanita, dan popok dewasa menggelar paparan publik dalam rangka penawaran umum saham perdana. Bertindak sebagai pelaksana emisi efek, PT Sinarmas Sekuritas.

President Director PT Uni-Charm Indonesia, Yuji Ishi mengatakan jumlah saham yang ditawarkan sebanyak 831 juta saham.

"Ini setara 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum saham perdana," kata dia di Ritz-Carlton Pacifik Place, Jakarta, Senin (25/11).

Rencana IPO ini sudah terbesit sejak setahun sebelumnya. Meskipun situasi pasar saham belakangan sedang tertekan, dia optimistis saham yang dilepas Uni-Charm akan tetap terserap.

Sebab, ungkap dia, Uni-Charm tak hanya mengandalkan investor di dalam negeri, melainkan juga investor dari luar negeri.

Melalui IPO, pihaknya akan meningkatkan kapasitas produksi ke depan. Juga mendapat dana dengan biaya yang lebih terjangkau dari pada pinjaman dari perbankan.

1 dari 1 halaman

Harga Saham

Sementara Associate Director PT Sinarmas Sekuritas, Datin Rafidah Mahadi mengatakan, harga penawaran umum perdana saham Uni-Charm dipatok mulai dari Rp1.400 hingga 1.800 per saham dengan valuasi price to earnings ratio (PE) di level 12,4 kali hingga 16 kali.

"Dengan demikian, raihan dana IPO yang ditargetkan sebesar Rp1,2 triliun," ujar dia.

Dana yang dikumpulkan bakal digunakan antara lain, 64,6 persen kebutuhan belanja modal, 20,6 persen untuk pembayaran utang, dan 14,8 persen untuk modal kerja.

Dalam prospektus yang disampaikan perseroan, masa penawaran awal dijadwalkan berlangsung mulai 25 November sampai 3 Desember 2019. Masa penawaran umum akan berlangsung 12 dan 13 Desember 2019.

Sedangkan, pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) ditargetkan terjadi pada tanggal 20 Desember yang akan datang. [idr]

Baca juga:
Tunggu Kejelasan Perang Dagang, IHSG Diprediksi Bergerak Melemah
Dalam Sepekan, IHSG Terkoreksi dan Kapitalisasi Pasar Turun 0,44 Persen
Gandeng Dompet Dhuafa, Philipe dan Panin Sekuritas Kini Layani Wakaf Saham
IHSG Diramal Terkonsolidasi Usai BI Tahan Suku Bunga Acuan
Harga Saham Anjlok, Terregra Asia Sempat Kena Suspend BEI
Tunggu Suku Bunga BI, IHSG Diprediksi Bergerak Menguat

Topik berita Terkait:
  1. Bursa Saham
  2. IPO
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini