Mau Cari Kerja, Pahami Dahulu Tantangan Melamar Pekerjaan 'Zaman Now'

Rabu, 26 Juni 2019 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Mau Cari Kerja, Pahami Dahulu Tantangan Melamar Pekerjaan 'Zaman Now' Ilustrasi mencari kerja. ©shutterstock.com/Luna Vandoorne

Merdeka.com - Melamar pekerjaan memang tidak semudah yang dipikirkan. Bahkan, tingkat kesulitan dalam melamar kerja setiap generasi akan berbeda. Terlebih lagi, semakin berkembangnya teknologi akan menjadi hambatan sendiri bagi para pelamar pekerjaan.

Seiring perkembangan zaman, maka persyaratan bagi pelamar kerja akan berbeda menyesuaikan kebutuhan. Untuk itu, penting bagi para pencari kerja untuk memahami terlebih dahulu hambatan yang harus dihadapi.

Berikut 4 hambatan yang akan dihadapi para pelamar pekerjaan 'zaman now', dikutip JobStreet.

Akses yang terbuka

Memiliki akses yang lebih bebas bisa memberikan keuntungan dan kerugian untuk Anda. Salah satu dampaknya adalah semakin mudahnya HRD untuk mencari tahu background kamu, dan tingkah laku Anda di sosial media. Sehingga, reputasi Anda dapat bergantung dari tingkah laku di sosial media.

Jurusan dan jenis pekerjaan

Jurusan yang ada di universitas sekarang semakin beragam karena banyaknya lapangan pekerjaan baru bermunculan. Oleh karena itu, hal ini bisa membuat Anda semakin kebingungan untuk memilih mana yang cocok untuk Anda. Selain itu Anda juga akan semakin susah untuk mendapatkan pekerjaan yang benar-benar cocok karena semakin banyaknya pilihan yang diberikan.

Internet

Karena munculnya internet, mendapatkan lowongan memang semakin mudah, namun karena semua orang juga memiliki kesempatan yang sama dan semuanya juga dapat mengakses internet, semakin banyak saingan yang Anda punya.

Multi-talent

Anda diharapkan bisa melakukan segalanya dan memiliki banyak skill. Semakin banyak skill yang Anda kuasai maka akan semakin menarik diri Anda. Tapi jangan sampai banyak skill tapi tidak ada yang Anda kuasai ya, itu malah bahaya.

Sehingga, ketika Anda memiliki kualifikasi yang cukup, sesuai dengan yang diminta perusahaan tapi tidak diterima, bisa jadi karena pesaing kamu memiliki kualifikasi yang lebih dari yang diminta. Terkadang menjadi ekstra juga diperlukan saat melamar. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini