Masyarakat mulai terbiasa belanja tanpa uang tunai

Minggu, 15 Desember 2013 12:51 Reporter : Sri Wiyanti
Masyarakat mulai terbiasa belanja tanpa uang tunai kartu debit. shutterstock

Merdeka.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) berambisi memperkuat bisnis kartunya. BNI mengklaim ini sebagai upaya mempermudah akses nasabah ke berbagai fasilitas less cash transaction yang akan membentuk less cash society.

BNI melihat, masyarakat mulai terbiasa bertransaksi tanpa uang tunai. Ini dibuktikan dengan pertumbuhan volume belanja nasabah BNI. Pemimpin Divisi Bisnis Kartu BNI Dodit Wiweko Probojakti memaparkan pencapaian bisnis kartu, utamanya kartu debit yang telah diraih BNI sepanjang tahun 2013.

Sampai bulan November 2013, kartu debit BNI mencatat pertumbuhan volume belanja sebesar 43 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara untuk jenis merchant groceries tumbuh 51 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Guna mendukung program Bank Indonesia, BNI aktif mengedukasi masyarakat agar transaksi yang bersifat harian atau kebutuhan rutin dapat menggunakan produk perbankan seperti transaksi Kartu Debit/ATM di merchant, e-Banking (ATM banking, SMS Banking, Internet Banking, Phone Banking, Uang Elektronik/Prepaid) dan e-Commerce (BNI Debit Online, Doku Walet)," tutur Dodit dalam berita tertulis, Minggu (15/12).

Dodit memaparkan tiga kelebihan dari less cash society. Pertama, transaksi non tunai lebih efisien karena setiap orang tidak perlu repot membawa uang tunai kemana-mana untuk melakukan transaksi bisnis.

Kedua, transaksi non tunai relatif tidak berbiaya mahal. Ketiga, transaksi non tunai lebih memudahkan untuk dilacak apabila terjadi tindak pidana.

[noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. BNI
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini