Masuk Pasar Global, Subholding Gas Pertamina Kolaborasi dengan Perusahaan Singapura

Jumat, 1 Juli 2022 21:16 Reporter : Merdeka
Masuk Pasar Global, Subholding Gas Pertamina Kolaborasi dengan Perusahaan Singapura pipa gas. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT PGN Tbk berkolaborasi dengan Gunvor Singapore Pte Ltd guna merealisasikan potensi perdagangan gas bumi dan gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) di pasar global serta memperluas kerja sama bisnis lainnya.

"Kerja sama ini menjadi bagian dari strategi Pertamina untuk memonetisasi portofolio LNG dan perusahaan kami memiliki potensi yang cukup besar untuk kolaborasi bisnis lainnya. Kami sangat menantikan untuk membuka peluang bisnis tersebut," ujar CEO Subholding Gas Pertamina, PGN, M Haryo Yunianto di Jakarta, Jumat (1/7).

PGN dan Gunvor telah memasuki proses Master Sales and Purchase Agreement (MSPA) and Confirmation Notice (CN) untuk pasokan LNG. Pasokan LNG dari PGN ini akan melengkapi portofolio LNG milik Gunvor selaku perusahaan trading independen terbesar.

Menurut Haryo, Pertamina sebagai Holding Migas akan mendukung suplai LNG dari portofolio Pertamina untuk bisnis PGN ke pasar internasional.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Heru Setiawan sinergi dengan Gunvor membuka kesempatan dan mengembangkan pasar LNG, serta menambah pasar yang sudah terlebih dahulu dijangkau Pertamina.

"Ber-partner dengan Gunvor memungkinkan kami untuk masuk ke pasar baru, di mana sebelumnya akses kami cukup terbatas. Kolaborasi ini unik dan memiliki potensi menjadi suatu solusi dalam penyediaan energi di regional maupun negara-negara lainnya," ujar Heru.

"Kami senang untuk memasuki transaksi LNG pertama kami dengan PGN dan akan memperkuat kerja sama yang telah terjalin dengan Pertamina Group. Kami berharap kerja sama ke depan dengan PGN dapat membentuk penyediaan LNG yang kompetitif dan andal di pasar global. Kerja sama ini akan membuka lembaran baru bagi perusahaan kita dan memungkinkan kerja sama yang lebih luas di seluruh dunia," ujar Co-Head of LNG Trading for Gunvor Ksenia Alleyne.

2 dari 2 halaman

Butuh Mitra Strategis

Portofolio bisnis PGN dominan di Indonesia, namun untuk memasuki pasar internasional, PGN membutuhkan mitra strategis untuk mempercepat penetrasi dan komersialisasi bisnis.

PGN dan Pertamina Group terus mengoptimalkan peran agar pengembangan bisnis PGN di sektor perdagangan LNG internasional dapat berkembang.

Gunvor adalah salah satu perusahaan perdagangan terbesar di dunia dalam menciptakan solusi logistik memindahkan bahan bakar atau energi secara aman dan efisien dari sumber serta penyimpanannya ke tempat yang paling membutuhkan.

Perusahaan itu juga memiliki investasi strategis pada infrastruktur industri kilang, pipa, penyimpanan, dan terminal yang melengkapi bisnis inti dan menghasilkan nilai yang berkelanjutan bagi pelanggan di seluruh rantai pasokan global.

Pada 2021 Gunvor mencetak pendapatan sebesar USD 135 miliar dari 240 juta MT volume komoditas energi dan merupakan pedagang LNG independen terkemuka di dunia.

Baca juga:
Gas Bumi Jadi Penyangga Energi Nasional Hingga 2050
Waspada, BPS Catat Harga Minyak dan Pangan Dunia Masih Dalam Tren Naik
Begini Progres Terbaru 10 Proyek Gasifikasi Pembangkit Listrik
Tiga Proyek Subholding Gas Pertamina Tekan Emisi Karbon 5 Juta Ton/Tahun, Mana Saja?
Produsen Mebel Rotan Beralih Gunakan Gas Bumi, Biaya Produksi Lebih Hemat 20 Persen
Lakukan Uji Petik, BPH Migas dan PGN Kejar Target 1 Juta Sambungan Jargas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini