Ma'ruf Amin Minta Daerah Terus Berinovasi di Era Kenormalan Baru

Senin, 22 Juni 2020 11:05 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Ma'ruf Amin Minta Daerah Terus Berinovasi di Era Kenormalan Baru maruf amin. ©muidkijakarta.or.id

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan dalam tatanan kenormalan baru perlu adanya inovasi dan kreativitas di tengah pandemi Covid-19 di setiap daerah. Hal tersebut bertujuan agar kegiatan ekonomi tetap berjalan dan tetap aman.

"Mengapa inovasi menjadi penting? Karena tatanan kehidupan kita di segala bidang kegiatan akan berubah drastis. Seluruh bidang kegiatan ekonomi akan dilaksanakan dengan cara yang sama sekali berbeda dari sebelumnya," kata Ma'ruf saat menghadiri Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Senin (22/6).

Dia menjelaskan daerah yang memulai aktivitas ekonomi saat ini harus dipersiapkan dengan baik agar tetap kondusif. Selain itu, pemerintah daerah harus memastikan kegiatan ekonomi dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk itu, terdapat peraturan dari WHO yang sudah dikelurkan untuk tatanan norma baru yang lebih produktif. Pertama, kata dia yaitu penularan virus sudah terkendali ditunjukan dengan dengan rasio penyebaran Ro dalam satu wilayah berada di bawah 1 selama dua minggu berturut-turut.

Prasyarat kedua adalah tersedianya layanan dan sistem kesehatan untuk menangani kasus Covid-19 baru. Selanjutnya ketiga adalah kemampuan dalam melakukan pelacakan yang ditandai dengan kecukupan jumlah pelaksanaan testing. Keempat yaitu perubahan perilaku masyarakat yang tidak bisa ditawar dalam kondisi tatanan baru tersebut.

"Pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat dalam setiap kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat termasuk kewajiban memakai masker, physical distancing, selalu mencuci tangan, dan perilaku hidup sehat menjadi syarat utama," jelas Ma'ruf. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini