Marak kecelakaan, menhub kumpulkan kadishub se-Indonesia evaluasi aspek keselamatan

Kamis, 5 Juli 2018 15:19 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Menhub Budi Karya Sumadi. ©2018 Merdeka.com/Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan memanggil dan mengumpulkan seluruh Kepala Dinas Perhubungan untuk membahas dan mengevaluasi aspek keselamatan pada sektor transportasi. Hal itu terkait dengan kecelakaan yang terjadi akhir-akhir ini, khususnya dalam kegiatan penyeberangan.

Menhub mengatakan tujuan dikumpulkannya para Kadishub ini adalah agar apa yang diamanatkan dalam undang-undang atau peraturan sektor transportasi khususnya terkait keselamatan dapat dilaksanakan dengan baik. Dia mengakui bahwa dengan adanya otonomi daerah, koordinasi penerapan peraturan-peraturan tersebut belum bisa maksimal dilakukan.

"Oleh karenanya sesuai dengan amanat presiden saya akan kumpulkan. Kemenhub akan menyampaikan apa yang seharusnya dilakukan tanpa kecuali. Mudah-mudahan apa yang dilakukan bisa dilaksanakan dengan baik dan saya berharap semua Dishub provinsi dan kabupaten/kota bahu-membahu untuk memastikan level of service dan keselamatan dengan baik," katanya seperti dikutip dari Antara, Jakarta, Kamis (5/7).

Menhub menyebutkan bahwa dari kasus yang terjadi akhir-akhir ini, tentunya semua pihak baik pusat maupun daerah sepakat untuk melakukan evaluasi dan reformasi bersama. Oleh karena itu, lanjut dia, tanpa dukungan pemerintah daerah, menhub mengakui bahwa hal tersebut tidak mungkin akan terlaksana dengan baik.

"Kita melihat suatu kasus yang besar kemarin. Tentunya kita sepakat untuk melakukan suatu reformasi bersama dengan Pemda, karena tanpa dukungan mereka hal ini tidak mungkin terlaksana dengan baik. Seperti yang dilakukan di Toba kami akan melakukan evaluasi baik provinsi maupun pemerintah pusat dan hal tersebut akan dilaksanakan dengan konsisten. Kami juga akan melakukan pendidikan ulang berkaitan dengan pejabat di syahbandar agar mereka ada penyegaran berkaitan dengan aturan yang berlaku," katanya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini