Mana yang Lebih Nyaman, Jadi Pegawai Startup atau Korporasi

Senin, 26 Agustus 2019 08:00 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Mana yang Lebih Nyaman, Jadi Pegawai Startup atau Korporasi Ilustrasi bekerja di kantor. ©Shutterstock.com/auremar

Merdeka.com - Bekerja di start-up saat ini sepertinya sedang menjadi tren yang menarik. Namun, pilihan bekerja di korporasi juga masih tidak kalah menariknya. Tidak sedikit yang bimbang memilih korporasi atau startup, apalagi kebanyakan orang tua menginginkan hidup anaknya lebih terjamin dengan bekerja di korporasi seperti BUMN atau badan hukum lainnya.

Tapi, tidak sedikit juga yang ingin bekerja di start-up agar kemampuannya semakin berkembang. Bagi fresh graduates yang sedang bingung untuk memilih kerja di korporasi atau startup, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai salah mengambil jalan dan menyesal nantinya.

Berikut beberapa perbedaan bekerja di startup dan di korporat seperti dirangkum oleh Jobstreet.

1 dari 5 halaman

Budaya Kerja

Budaya kerja di startup lebih longgar dan santai. Bahkan ada beberapa perusahaan start-up yang mengizinkan karyawannya untuk bekerja di rumah atau yang lebih sering disebut remote. Namun, walaupun bekerja remote tapi perlu diingat pekerjaannya pun juga harus sesuai target.

Di start-up juga biasanya banyak yang masih muda. Berbeda dengan startup, kalau di korporasi Anda akan menemui suasana yang kantoran dengan suasana yang sangat professional dan Anda juga harus siap dengan birokrasi perusahaan.

2 dari 5 halaman

Pakaian Kerja

Jika Anda memilih bekerja di startup, Anda bisa memakai pakaian casual. Berbeda jika bekerja di korporasi yang harus memakai pakaian formal. Namun dengan memakai pakaian formal, Anda bisa jadi terlihat lebih dewasa dan profesional.

3 dari 5 halaman

Fasilitas

Bicara soal fasilitas, sebenarnya tergantung dari perusahaannya. Ada startup yang masih menyewa ruko, namun terdapat mesin kopi modern yang memudahkan untuk menyeduh kopi. Ada juga korporasi yang sudah punya gedung sendiri dengan pantry yang luas dan nyaman.

4 dari 5 halaman

Jenjang Karir

Ini merupakan hal yang paling penting, jika Anda memilih untuk bekerja di startup, Anda akan memiliki andil yang cukup besar dalam masa depan perusahaan. Namun jika di korporasi, Anda harus pintar dalam menyeimbangi kualitas kerja dan networking.

5 dari 5 halaman

Gaji

Gaji memang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Bekerja di korporasi memang mendapatkan gaji yang oke beserta dengan tunjangan. Bahkan bisa meningkatkan taraf hidup para fresh graduates hingga 3 kali lipat atau bahkan lebih.

Kalau di startup jangan mengharapkan gaji beserta tunjangan seperti di korporasi. Kebanyakan startup untuk para fresh graduates hanya menggaji dengan batasan UMR atau tidak berbeda jauh dari itu. [azz]

Baca juga:
Tips Rahasia agar Milenial Mudah Mendapat Kenaikan Penghasilan
Pernah Luntang-Lantung Tak Punya Pekerjaan, Kini Tony Fernandes Punya 20.000 Karyawan
Sering Gagal Bisa Bawa Kesuksesan, Berikut Faktanya
Perjalanan Karir Tony Fernandes, dari Pelayan Hotel Hingga jadi Bos AirAsia
Dapat 2 Tawaran Kerja, Ini Tips Jitu Tentukan Pekerjaan Sesuai Kriteria
Sering Pindah Kerja Ternyata Bermanfaat Buat Karir, Ini Buktinya

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini