Mahalnya Industri K-Pop tapi Tetap Laku di Pasaran

Kamis, 24 November 2022 17:05 Reporter : Yunita Amalia
Mahalnya Industri K-Pop tapi Tetap Laku di Pasaran Ilustrasi K-pop. ©Allkpop

Merdeka.com - Penampilan anggota boyband fenomenal Bangtan Seonyeondan (BTS), Jeon Jungkook di Piala Dunia Qatar 2022 semakin menguatkan posisi industri hiburan Korea Selatan di kancah dunia. Biaya mahal, tak menjadi masalah bagi penikmat K-Pop.

Masyarakat non K-Pop di Indonesia mungkin terperangah dan heran saat para fans artis rela merogoh kantong dalam-dalam untuk membeli album atau merchandise yang setiap kali dirilis oleh agensi para artis, boyband, atau girlband.

Apa saja merchandise itu? Berikut rangkuman merdeka.com;

1. Album

Bagi fandom artis Korea Selatan, membeli album adalah rutinitas wajib setiap kali sang artis comeback. Satu album berisi satu buah disk yang di dalamnya terdapat 5-7 single sang artis, satu photo book, photo card, poster.

Rerata, harga satu album berkisar Rp500.000-1.000.000, nilai tersebut belum termasuk pajak.

Pembelian album bisa melalui situs resmi agensi atau melalui group order yang dikoordinir oleh satu koordinator. Sebagai contoh, untuk pembelian album BTS dapat dipesan melalui Weverse, sebuah aplikasi yang dibuat oleh agensi BTS, Hybe.

2 dari 3 halaman

2. Lightstick

Tidak lengkap rasanya, jika pecinta K-Pop tidak memiliki lightstick. "Lampu identitas" fandom tersebut merupakan barang yang wajib dibawa setiap kali datang ke konser artis idola. Dan bentuk lightstick setiap fandom berbeda.

rata-rata, harga satu buah lightstick mencapai Rp560.000. Harga ini merupakan harga versi lama. Sebab setiap tahun, agensi kerap meluncurkan lightstick versi terbaru, dengan harga yang terus meningkat.

Tingginya harga lantaran pada setiap lightstick tertanam teknologi yang dibuat agensi. Warna lampu akan berubah secara otomatis mengikuti irama musik yang ditampilkan sang artis.

3. Hoodie

Memiliki pakaian yang dijual langsung oleh agensi para juga menjadi capaian berharga bagi fans. Agensi boyband atau girlband kerap menjual hoodie atau kaos dengan harga minimal Rp1 juta.

3 dari 3 halaman

4. Community Subscription

Memiliki kesempatan untuk bisa berkomunikasi langsung dengan artis idola merupakan impian bagi para fans. Namun, untuk merasakan pengalaman seperti itu, dibutuhkan biaya langganan. 

Lian (28) pecinta K-Pop mengatakan bahwa ada biaya langganan sebesar Rp60.000 untuk bisa berkomunikasi langsung dengan artis idola. Artis tersebut bernaung di agensi besar di Korea Selatan. 

"Namun itu untung-untungan, tidak setiap hari bisa chat dengan artis itu," ujar dia. [idr]

Baca juga:
Konser SMTOWN LIVE 2022, Bertabur Bintang K-Pop di Suwon
Mengajak K-Fans Bijak dan Cerdas Menggunakan Media Sosial
Melihat Pameran BTS di Jakarta
Momen Band K-Pop BTS Bicara di Gedung Putih
Viral Usai Pandu Acara Allo Bank Festival, Ini Potret Indra Herlambang saat Jadi MC

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini