Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mahalnya harga pangan jadi 'kado' awal tahun 2018

Mahalnya harga pangan jadi 'kado' awal tahun 2018 Pasar tradisional. ©2018 Merdeka.com/Desi

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengakui harga beberapa bahan pokok mengalami kenaikan di awal tahun 2018 ini. Darmin berjanji akan menjaga harga pangan tersebut agar tidak terpengaruh terhadap inflasi.

"Sumber inflasi bisa administered prices dan pangan. Kalau administered prices, kuartal I tidak ada perubahan. Soal pangan, terutama beras, sedang meningkat harganya," kata Darmin dikutip dari Antara, Jumat (5/1).

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut mengaku ingin mengetahui secara langsung berapa jumlah panen yang terjadi pada Januari dan Februari 2018.

"Kelihatannya tanaman di lapangan ada, tetapi belum saatnya panen. Kami memastikan berapa panen di Januari dan Februari. Kalau di Maret sudah pasti banyak karena terjadi panen raya," ucap Darmin.

Pantauan di lapangan, ternyata bukan hanya harga beras yang mengalami kenaikan. Harga pokok lainnya juga meroket di awal tahun ini. Berikut rinciannya:

Sembako di Pekalongan mahal

Harga cabai merah dan sembako di sejumlah pasar tradisional di Kota Pekalongan, Jawa Tengah pada awal Januari 2018 makin melonjak. Ini terjadi karena pasokan komoditas tersebut berkurang.

Beberapa pedagang sayuran dan sembako di Pekalongan mengatakan, bahwa memasuki awal 2018, hampir sebagian besar kebutuhan pokok maupun jenis sayuran masih bertahan tinggi karena pasokannya berkurang.

"Kenaikan harga sayuran maupun beras sudah mulai terjadi menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Akan tetapi, hingga awal tahun ini harga masih bertahan tinggi, bahkan cenderung terus naik," kata pedagang sayuran, Nurahmah seperti ditulis Antara, Jumat (5/1).

Dia mengatakan, komoditas jenis cabai rawit, cabai setan, dan cabai merah kini mencapai Rp 32.000 per Kilogram atau naik 100 persen dibandingkan dengan harga sebelumnya yang sebesar Rp 16.000 per Kilogram.

"Adapun, untuk harga beras kualitas premium sudah mencapai antara Rp 11.500/Kg hingga Rp 12.000/Kg. Adapun untuk komoditas sayuran seperti cabai sudah naik mencapai Rp 32.000/Kg," kata dia.

Kendati harga sembako maupun cabai naik, kata dia, permintaan masyarakat terhadap komoditas tersebut masih relatif cukup tinggi.

"Kenaikan harga sembako dan cabai ini, kami tidak mengetahui pasti kapan akan bisa turun. Yang jelas, kenaikan harga sembako maupun jenis sayuran tidak menguntungkan pedagang," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Pekalongan Zaenul Hakim mengatakan pemkot segera menindaklanjuti informasi masyarakat terkait dengan adanya kenaikan harga kebutuhan pokok itu.

"Kami akan menerjunkan tim ke lapangan untuk melakukan pendataan harga kebutuhan pokok dan sayuran, serta jenis komoditas lainnya sekaligus untuk langkah antisipasinya," kata dia.

Harga telur ayam meroket

Harga telur ayam melonjak cukup tinggi dalam beberapa minggu terakhir ini. Pedagang telur biasa menjual dengan harga Rp 20.000-Rp 22.000 per Kg, kini terpaksa menjual dengan harga paling murah Rp 26.000 per Kg.

Salah satu pedagang di Pasar Jatinegara, Okta mengungkapkan, sudah beberapa pekan sebelum Natal dia menjual telur ayam dengan harga tinggi.

"Terpaksa jual dengan harga tinggi padahal saya biasanya pernah jual sampai Rp 19.000 per Kg," kata Okta kepada Merdeka.com, Jumat (5/1).

Okta menjelaskan, rata-rata penjual melepas harga telur kisaran Rp 26.000 per Kg dan Rp 14.000 per setengah Kg. Bahkan di tingkat eceran harga telur bisa tembus Rp 28.000 per Kg.

"Kalau setengah kilogram itungannya Rp 14.000," ujarnya.

Menurut Okta, kondisi telur ayam yang beredar saat ini tidak sesuai harapan. Ukuran telur ayam terlampau besar sehingga dalam satu Kg telur ayam hanya terdapat sedikit telur.

"Satu Kg telur ayam biasanya 16 butir sekarang paling cuma 14 butir. Yang beli setengah kilogram biasanya tinggal ambil 8 butir sudah pas sekarang paling 7 butir. Telurnya besar-besar padahal yang beli sukanya yang kecil-kecil biar banyak," ujarnya.

Harga daging ayam mahal

Harga daging ayam melambung cukup tinggi di beberapa daerah menjelang akhir tahun 2017 lalu. Kondisi ini juga terjadi di Ibu Kota Jakarta.

Salah satu pedagang daging ayam di Pasar Jatinegara, Bagus menuturkan, normalnya harga daging ayam potong adalah Rp 30.000 per ekor namun beberapa pekan terakhir dia bisa menjual hingga Rp 40.000 rupiah.

"Pernah sampai Rp 40.000 an," kata Bagus kepada Merdeka.com , Jumat (5/1).

Bagus menjelaskan, kenaikan harga tersebut bukan hal aneh lagi dalam periode Natal dan Tahun Baru. Ini merupakan semacam siklus tahunan, yang membedakan adalah lamanya kenaikan dan besaran harga kenaikan.

Kendati demikian Bagus mengungkapkan memasuki tahun 2018 harga daging ayam mulai turun meski masih dalam kategori mahal.

"Sekarang bisa Rp 35.000 an," ujarnya.

Pantauan Merdeka.com harga daging ayam broiler atau ras untuk wilayah DKI Jakarta menurut situs Info Pangan Jakarta hari ini adalah Rp 34.650 atau turun Rp 175 dibanding hari sebelumnya.

Harga cabai mahal

Harga cabai di pasar tradisional terpantau masih tinggi di awal tahun 2018. Berdasarkan pantauan merdeka.com, kondisi ini sudah terjadi sejak dua pekan lalu.

Salah satu pedagang di Pasar Jatinegara , Yudi mengungkapkan harga cabai rawit saat ini mencapai Rp 60.000 per kilogram (kg), padahal awalnya harga cabai hanya Rp 30.000 per Kg.

"Cabai semua jenis mahal. Paling mahal yang cabai rawit merah," kata Yudi kepada Merdeka.com, Jumat (5/1).

Yudi mengaku tidak mengetahui kenapa harga cabai sangat mahal padahal biasanya harga pangan di periode natal dan tahun baru tidak semahal seperti periode lebaran idul fitri.

"Tidak tahu (penyebab harga cabai mahal) mungkin karena cuaca buruk jadi banyak yang gagal panen," ujar Yudi.

Yudi berharap harga cabai bisa turun secepatnya sebab saat harga tinggi bukan hanya pembeli yang dirugikan namun penjual juga merasa rugi. "Ya sama saja tidak enak kalau harga mahal kan pembeli suka jadi sedikit," keluhnya.

Harga cabai di Jember jadi Rp 45.000 per Kg

Harga cabai rawit di pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur, terus merangkak naik hingga mencapai Rp 45.000 per kilogram (Kg). Ini terjadi karena pasokan dari petani berkurang akibat musim hujan.

"Stok cabai di pasar menipis karena masih banyak petani yang belum panen, sedangkan permintaan masyarakat akan komoditas bahan baku sambal tersebut cenderung stabil," kata pedagang cabai di Pasar Tanjung Jember, Saiful, dikutip dari Antara, Kamis (4/1).

Menurutnya, harga cabai rawit pada pertengahan November berkisar Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per kilogram dan kenaikan terjadi sejak awal Desember 2017 secara perlahan-lahan mulai naik menjadi Rp 30.000, kemudian Rp 35.000 per kilogram hingga Rp 40.000 per kilogram pada akhir Desember 2017.

"Harga cabai rawit terus merangkak naik pada awal Januari 2018 yakni mencapai Rp 45.000 per kilogram untuk kualitas super, sedangkan untuk cabai rawit campuran merah dan hijau sekitar Rp 40.000 per kilogram," katanya.

Dia memprediksi harga cabai rawit terus menanjak karena curah hujan di Jember cukup tinggi dan pasokan cabai dari berbagai daerah luar Jember juga berkurang, sehingga persediaan cabai di pasaran juga terbatas.

Sementara pedagang sayur keliling, Tatik, mengaku telah menaikkan harga cabai rawit menjadi Rp 2.000 per bungkus yang berisi sekitar 10-12 cabai, padahal sebelumnya hanya Rp 1.000.

"Harga cabai terus naik, sehingga kami terpaksa menaikkan harga jual per bungkus agar tidak merugi karena harga di pasaran juga sudah naik," ujarnya.

(mdk/idr)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Badan Pangan Sebut Harga Beras Bakal Turun di Saat Ramadan, Ini Alasannya

Badan Pangan Sebut Harga Beras Bakal Turun di Saat Ramadan, Ini Alasannya

Kepala Bapanas menyebut harga beras saat Ramadan akan turun.

Baca Selengkapnya
Pemerintah Bantah Kenaikan Harga dan Kelangkaan Beras Akibat Program Bansos Pangan, Begini Penjelasannya

Pemerintah Bantah Kenaikan Harga dan Kelangkaan Beras Akibat Program Bansos Pangan, Begini Penjelasannya

Pemerintah membantah kenaikan harga dan kelangkaan beras karena program bansos pangan yang aktif dibagikan belakangan ini.

Baca Selengkapnya
Jelang Bulan Ramadan, Jokowi Ingin Masyarakat Beribadah Tenang

Jelang Bulan Ramadan, Jokowi Ingin Masyarakat Beribadah Tenang

Para menteri diminta untuk menjaga harga pangan jelang Idul Fitri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bulog Komitmen Lakukan Usaha untuk Stabilkan Harga Pangan

Bulog Komitmen Lakukan Usaha untuk Stabilkan Harga Pangan

Presiden menjelaskan bahwa saat ini pemerintah tengah melakukan upaya-upaya intervensi untuk menstabilkan harga beras

Baca Selengkapnya
Pemerintah Perpanjang Bantuan Sosial Tambahan Hingga Juni

Pemerintah Perpanjang Bantuan Sosial Tambahan Hingga Juni

Pemerintah sedang mencari formula terkait kenaikan harga beras di pasaran.

Baca Selengkapnya
Jokowi: Harga Beras Turun Saya Dimarahi Petani, Kalau Naik Dimarahi Ibu-ibu

Jokowi: Harga Beras Turun Saya Dimarahi Petani, Kalau Naik Dimarahi Ibu-ibu

Jokowi mengaku tak mudah bagi pemerintah mengelola pangan untuk masyarakat Indonesia yang jumlah penduduknya mebcapai 270 juta orang.

Baca Selengkapnya
Kepala Badan Pangan Ungkap Isi Rapat Kabinet Jokowi, Bahas Makan Siang Gratis Rp15.000 per Anak?

Kepala Badan Pangan Ungkap Isi Rapat Kabinet Jokowi, Bahas Makan Siang Gratis Rp15.000 per Anak?

Terkait lonjakan harga beras, Jokowi meminta Bulog untuk mempercepat penyaluran beras beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Pangan (SPHP).

Baca Selengkapnya
Sri Mulyani Mulai Waspadai Harga Beras Naik 7,7 Persen dari Awal Tahun, Ada Apa?

Sri Mulyani Mulai Waspadai Harga Beras Naik 7,7 Persen dari Awal Tahun, Ada Apa?

Selain beras, Sri Mulyani menyebut ada beberapa harga pangan juga mengalami kenaikan, seperti bawang putih 1,9 persen, cabai merah 17 persen.

Baca Selengkapnya
Jokowi soal Harga Beras Naik: Bukan Cuma di Negara Kita, Negara Lain juga Mengalami

Jokowi soal Harga Beras Naik: Bukan Cuma di Negara Kita, Negara Lain juga Mengalami

Jokowi mengaku sudah memerintahkan Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk mencari beras dengan harga murah.

Baca Selengkapnya