Made in Bandung, ini alat tempur baru milik PT Pos Indonesia

Minggu, 11 September 2016 16:30 Reporter : Hana Adi Perdana
Made in Bandung, ini alat tempur baru milik PT Pos Indonesia Kendaraan tempur Pos Indonesia Trike. ©2016 Merdeka.com/ Hana Adi

Merdeka.com - Ada yang unik dari pameran Indonesia Business & Development Expo 2016, pameran yang menampilkan produk dari badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini memunculkan produk baru, salah satunya dari PT Pos Indonesia. Perusahaan pelat merah ini memunculkan calon 'kendaraan tempur' baru untuk para pengirim barang atau kurir yang diberi nama Trike.

Trike merupakan kendaraan roda tiga yang bahan bakarnya menggunakan listrik. Bentuknya mirip dengan Bajaj pada umumnya.

Wakil Kepala Pos Jakarta Pusat, Budi Cahyono mengungkapkan, kehadiran Trike ini nantinya akan difungsikan untuk memudahkan para kurir untuk mengantar barang melewati medan yang berliku dan sempit yang tidak bisa dimasuki mobil.

"Strukturnya sama seperti Bajaj yang dapat bergerak di jalan kecil dan mampu bermanuver dengan baik. Jadi Trike ini akan sangat membantu," kata Budi kepada merdeka.com di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (10/9) malam.

Kendati ada motor, lanjut Budi, kendaraan roda dua tersebut sangat memiliki keterbatasan dalam pengangkutan barang. Sementara Trike, memiliki kapasitas yang mampu mengangkut paket yang lebih besar.

"Kapasitas angkut Trike ini bisa membawa barang sebesar 250 - 300 kilogram (kg) dengan jarak jangkau 40 km. Sementara motor tidak mampu mengangkut dengan kapasitas tersebut," tuturnya.

Budi menambahkan, Trike ini dibuat oleh mahasiswa dari Institute Teknologi Bandung (ITB). Sayangnya, sampai saat ini Trike yang dipamerkan masih prototype.

"Masih dikembangkan, belum tahu targetnya kapan. Tapi yang jelas ini kendaraan masa depan pak Pos setelah sepeda motor dan mobil," pungkasnya. [sau]

Topik berita Terkait:
  1. BUMN
  2. PT Pos
  3. Ekonomi Indonesia
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini