Luhut Sebut China Paling Patuh Aturan saat Investasi di Indonesia

Selasa, 10 Desember 2019 13:56 Reporter : Dwi Aditya Putra
Luhut Sebut China Paling Patuh Aturan saat Investasi di Indonesia Luhut Panjaitan. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan memastikan bahwa negara tidak sembarang memilih investor asing untuk menanamkan modalnya ke Indonesia. Sebab, salah satu syarat bisa masuk ke Tanah Air yakni investor harus patuh atas kebijakan Pemerintah Indonesia.

"Saya hanya ingatkan, kalau mau investasi di sini harus patuh sama aturan kita," kata Luhut saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (10/12).

Luhut mencontohkan, salah satu investor yang kerap patuh terhadap aturan pemerintah adalah China. Dari sekian banyak perusahaan Negeri Tirai Bambu tersebut, kata Luhut hampir seluruhnya telah mengikuti aturan dan kebijakan dari pemerintah.

"Saya lihat China patuh-patuh ya. China investasi banyak soal value added. Perusahaan baja Cina juga investasi (ke Indonesia)," kata dia.

1 dari 1 halaman

China Komitmen Investasi Besar di Indonesia

Bahkan, komitmen China untuk menanamkan modalnya ke Indonesia pun saat ini sudah dinyatakan langsung oleh Presiden, Xi Jinping. Orang nomor satu di China tersebut ingin menjadi investor terbesar di Tanah Air.

"Waktu saya ketemu Xi Jinping dia bilang mau komitmen jadi investor terbesar di Indonesia. Saat ini Jepang nomor satu, Singapura berikutnya. Tapi dana dari Singapura juga kebanyakan dari China. Jadi saya rasa tetap China investor terbanyak ke Indonesia," tandasnya. [idr]

Baca juga:
Pelaku Usaha Masih Wait and See, Investasi RI Melambat di Kuartal III-2019
Draf RUU Omnibus Law Diserahkan ke DPR Sebelum 12 Desember 2019
Jokowi: Saya Ingin Investasi Serap Ribuan Tenaga Kerja Daerah
Jokowi Kesal Tak Mau Lagi Hadiri Groundbreaking Proyek
Investor Asal Korea Tertarik Bangun Proyek Kereta Api Lahat - Tarahan

Topik berita Terkait:
  1. China
  2. Investasi
  3. Luhut Panjaitan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini