Luhut Klaim Tingkat Konsumsi Masyarakat Jawa-Bali Naik Selama PPKM

Senin, 30 Agustus 2021 11:49 Reporter : Sulaeman
Luhut Klaim Tingkat Konsumsi Masyarakat Jawa-Bali Naik Selama PPKM Luhut Panjaitan. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memberikan kabar baik mengenai kondisi perekonomian di Pulau Jawa-Bali selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Yakni, meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat di seluruh kelas.

Meski begitu, dia tidak merinci berapa kenaikan angka konsumsi yang dimaksud.

"Peningkatan konsumsi masyarakat di Jawa Bali terjadi di semua kelas dan tertinggi pada kelas menengah," ucapnya dalam diskusi virtual bersama Menkes, Menhub, Purnawirawan TNI dan Polri terkait penanganan Pandemi Covid-19 di Jawa Bali, Minggu (29/8).

Luhut mengungkapkan, angin segar itu terjadi tak lepas dari kian melandainya kasus penularan Covid-19 dampak dari penerapan kebijakan PPKM Level 3 dan 4 di berbagai wilayah. Dengan demikian, berbagai kegiatan ekonomi di dua provinsi tersebut mulai menggeliat secara bertahap.

"Target kita saat ini adalah pengendalian Pandemi Covid-19. Kita harus mengurangi angka reproduksi/penularan yang terjadi di masyarakat," ungkapnya.

Maka dari itu, dia menyebut, pembukaan PPKM tetap akan dilakukan secara bertahap di setiap minggunya. Tujuannya agar peningkatan aktivitas ekonomi yang terjadi tidak memberi ruang terhadap lonjakan kasus Covid-19 yang terus menurun dalam beberapa waktu terakhir.

"Demi meningkatkan ekonomi rakyat pula, pola pembukaan PPKM akan diadakan berkala dan menyesuaikan kondisi lapangan," tambahnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini