Luhut Ingin Indonesia Seperti China Sebagai Negara Produsen Obat Dunia

Kamis, 10 Juni 2021 12:31 Reporter : Anisyah Al Faqir
Luhut Ingin Indonesia Seperti China Sebagai Negara Produsen Obat Dunia Menko Luhut kunjungi Tiongkok. ©Istimewa

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tidak menutup mata, ada sebagian pihak yang tidak menyukai China karena sejumlah alasan. Di sisi lain, China memiliki kekuatan.

Salah satunya sebagai negara produsen obat-obatan dunia. Luhut menyebut, hampir 2/3 obat di dunia diproduksi negeri tirai bambu.

"Kita kadang marah-marah sama China tapi saya pikir mereka luar biasa, dua per tiga obat dunia di produksi di China," ungkap Luhut dalam Webinar Optimalkan Angkutan Barang dengan Tol Laut, Jakarta, Kamis (10/6).

Melihat kelebihan itu, Luhut mengaku telah bernegosiasi dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) agar Indonesia bisa menjadi produsen obat-obatan.

"Makanya kami kemarin buat negosiasi agar China produksi obat di Indonesia juga," kata dia.

Dia berharap ini tidak menjadi masalah di tanah air. Alasannya, ada peluang yang bisa dimanfaatkan dalam kerja sama ini. Luhut tak ingin masyarakat sibuk meributkan yang sebenarnya tidak perlu. Menurutnya, itu membuat Indonesia jalan di tempat dan tertinggal dari negara lain.

"Karena kita asyik ribut dan mempertanyakan hal-hal lain jadi kita ini jalan di tempat sedangkan negara lain sudah berjalan di cepat," kata dia.

Dia meminta semua pihak bisa bekerja sama dengan baik. Menghapus segala stigma dan perbedaan yang ada. Agar bisa menghasilkan berbagai macam inovasi untuk kemajuan Indonesia.

"Saya titip kalau bekerja dengan hati, sungguh-sungguh, sehingga bisa melahirkan inovasi buat Indonesia lebih bagus. Buang pikiran perbedaan, itu nanti di kamar aja, kalau di lapangan ini harus kompak buat NKRI," tutupnya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini