Luhut Beberkan Alasan Jakarta Diberlakukan Pengetatan PSBB

Selasa, 15 September 2020 14:30 Reporter : Anisyah Al Faqir
Luhut Beberkan Alasan Jakarta Diberlakukan Pengetatan PSBB Luhut Panjaitan. ©2019 Merdeka.com/Genan

Merdeka.com - Pemerintah Pusat memutuskan hanya memperketat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta hanya di titik-titik tertentu. Sebab sejak penerapan PSBB transisi perekonomian nasional yang lebih banyak dilakukan di ibu kota.

"Itu sebabnya DKI kita perketat di spot-spot tertentu, jadi tidak seluruhnya," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di acara Sarasehan Virtual 100 Ekonom: Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing, Jakarta, Selasa (15/9).

Pola yang sama juga telah lebih dulu dilakukan di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lebih spesifik, Luhut menyebut penerapan PSBB khusus ini dilakukan di Semarang.

Pemerintah juga akan memfokuskan PSBB khusus ini di titik-titik lainnya yang berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus Corona. Menurutnya, strategi ini sangat efektif untuk menghadapi Covid-19 sambil menjaga agar perekonomian nasional kembali pulih setelah diterpa pandemi.

"Saya kira itu strategi kita untuk menghadapi covid ini agar lebih bagus," kata dia.

Di menambahkan, saat ini penjualan semen sudah kembali tumbuh hingga 93 persen. Angka ini lebih tinggi dari rata-rata penjualan pada tahun 2019. "Kita lihat semen penjualan sudah kembali ke 93 persen dari rata-rata penjualan tahun 2019," kata dia.

Begitu juga dengan penjualan kendaraan roda empat yang kembali membaik, meskipun masih belum kembali seperti sebelum virus Corona menjadi pandemi. "Penjualan kendaraan roda empat juga mulai membaik. Walaupun masih dibawah tapi kelihatan makin membaik," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini