Luhut Akan ke Polandia Bahas Masalah Ekspor Kelapa Sawit Indonesia ke Eropa

Jumat, 7 Desember 2018 13:41 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Luhut Akan ke Polandia Bahas Masalah Ekspor Kelapa Sawit Indonesia ke Eropa Kelapa Sawit. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK terus berupaya agar produk minyak kelapa sawit (crued palm oil/CPO) Indonesia tak lagi mendapatkan hambatan ekspor ke Eropa. Diketahui saat ini, masih ada sejumlah negara Eropa yang menolak ekspor CPO Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa dia akan kembali melakukan lobi kepada negara-negara Eropa.

"Nanti kita lobi. Saya akan ke Polandia salah satu tugas saya untuk meyakinkan mereka. Minggu depan," kata dia, di Kantornya, Jakarta, Kamis (6/12).

Mantan Menko Polhukam ini menjelaskan, alasan utama negara-negara Eropa menolak ekspor CPO Indonesia masih seputar isu lingkungan. "Mereka lingkungan. Padahal kita sudah bilang kita sudah moratorium,"

Dalam pembicaraan nanti, Luhut akan kembali memaparkan upaya yang sudah Indonesia dalam membenahi sektor industri sawit. Dia juga akan menekan pentingnya sawit bagi perekonomian Indonesia, khususnya dalam pengentasan kemiskinan.

"Kita juga tidak bikin pelebaran tapi kita kita memperbaiki yang 41 persen yang punya small holders, kemudian ini kaitannya dengan SDGs. Nomor satu masalah kemiskinan, dan seterusnya. Jadi mereka harus tau juga itu," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini