LRT Cibubur-Cawang Diuji Coba Bulan Depan

Senin, 19 Agustus 2019 14:36 Reporter : Merdeka
LRT Cibubur-Cawang Diuji Coba Bulan Depan LRT. ©Liputan6.com/Bawono Yadika

Merdeka.com - ‎Direktur Utama PT INKA (Persero), Budi Noviantoro menyebut bahwa kereta lintas rel terpadu (LRT) akan diuji coba awal pada September 2019. Saat ini ‎perusahaan tersebut sedang mengejar penyelesaian pembuatan rangkaian kereta.

INKA tengah menyelesaikan pembuatan 31 rangkaian (trainset) LRT Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek), sebagian sudah dilakukan pengujian internal di Pabrik INKA Madiun.

"Sedang dalam proses produksi dan pengujian internal‎," kata Budi di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Senin (19/8).

Menurut Budi, uji coba penerimaan atau ‎factory acceptance test (FAT‎) di pabrik Madiun, Jawa Timur akan selesai pada 26 Agustus 2019. Kemudian rangkaian kereta LRT akan diuji coba pada relnya mulai September 2019, dengan rute dari Cibubur ke arah Cawang, Jakarta Timur.‎‎ Hal tersebut, sudah berdasarkan kesiapan PT Kereta Api Indonesia dan PT Adhi Karya.

‎"Satu trainset akan uji coba, kita ikuti saja karena yang beli KAI. Kalau berangkat, berangkat saja. Kemarin teman-teman PT KAI dan Adhi Karya sudah siap di uji coba awal bulan September,‎" tutur Budi.

‎Budi melanjutkan, pengiriman rangkaian kereta LRT dari pabrik di Madiun akan memakan waktu selama satu minggu. Terkait dengan pembuatan rangkaian LRT, INKA sedang berusaha mengejar target, di sisi lain lahan pabrik di Madiun sudah penuh, jika LRT tidak diselesaikan perusahaan tersebut tidak bisa melakukan produksi rangkaian kereta baru.

‎"‎Sekarang di sana sudah nggak cukup kapasitasnya. Makanya ini LRT kalau nggak segera dikirim, itu nggak bisa produksi lagi. Itu sekarang kita full 24 jam untuk ngejar satu setengah kereta tadi kontrak LRT Jabodetabek," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. LRT
  2. INKA
  3. Transportasi Umum
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini