LPS Beri Sinyal Akan Jamin Uang Nasabah di Atas Rp2 Miliar

Kamis, 9 April 2020 18:07 Reporter : Anggun P. Situmorang
LPS Beri Sinyal Akan Jamin Uang Nasabah di Atas Rp2 Miliar LPS. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah membuka opsi menaikkan nilai jaminan simpanan nasabah perbankan di atas Rp2 miliar. Hal tersebut akan dilakukan dengan melihat perkembangan situasi perekonomian di tengah pandemi Virus Corona.

"Ini juga menjadi salah satu opsi yang akan kami buka, tergantung dari situasi yang ada. Tergantung pergerakan dana simpanan, pergerakan simpanan antar bank dan perilaku masyarakat dalam menarik dana," ujar Halim melalui Video Conference dengan DPR di Jakarta, Kamis (9/4).

Halim melanjutkan, peningkatan nilai simpanan yang dijamin perlu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan. LPS juga tak menutup kemungkinan menjamin seluruh simpanan di bank dengan mempertimbangkan beberapa hal.

"Krisis keuangan pada dasarnya adalah krisis kepercayaan, respons kebijakan yang ditempuh adalah bagaimana menjamin atau mengembalikan kepercayaan masyarakat," jelasnya.

"Salah satunya bagaimana memperluas program penjaminan, dengan menaikkan nilai jaminan, bisa memperluas simpanan yang dijamin, dan apabila kalau itu belum cukup bisa menjamin seluruh simpanan yang ada di bank. Tapi tentu ini harus sesuai dengan gradasi permasalahan yang ada," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Tergantung Kondisi

rev1

Namun demikian, pihaknya belum dapat memastikan apakah kondisi ke depan akan menimbulkan krisis yang kecil atau besar. Namun, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) melihat kondisi saat ini sudah masuk dalam kondisi yang tidak biasa.

"Jadi (soal) krisis, kita memang belum dapat kita pastikan, apakah ini akan lebih besar atau lebih kecil. Namun melihat indikasinya, yang tergambar di indikator yang kami pakai, Kemenkeu, OJK, LPS, BI kita memang sekarang dalam kondisi tidak normal, sudah dalam kondisi waspada, mudah-mudahan ini tidak memburuk," tandasnya. [idr]

Baca juga:
LPS Hanya Sanggup Selamatkan Nasabah 5 Bank Jika Bangkrut Akibat Corona
LPS Bayarkan Dana Nasabah BPR Sekar Tahap I Rp2,6 Miliar
Daftar Lengkap Penambahan Kewenangan BI, OJK, LPS, dan Kemenkeu Selama Masa Corona
OJK Pantau Likuiditas Perbankan di Tengah Pandemi Corona
LPS Usul Naikkan Nilai Penjaminan Simpanan Nasabah Bank dari Rp2 Miliar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini