Logistik jadi Tantangan Penyaluran Pupuk Subsidi ke Indonesia Timur

Minggu, 21 Maret 2021 14:06 Reporter : Sulaeman, Anggun P. Situmorang
Logistik jadi Tantangan Penyaluran Pupuk Subsidi ke Indonesia Timur Distribusi Pupuk. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), Rahmad Pribadi menyebut logistik menjadi momok tersendiri dalam penyaluran pupuk bersubsidi. Khususnya di wilayah Timur Indonesia.

"Tantangan untuk (penyaluran pupuk bersubsidi) di wilayah Timur itu logistik," ujar dia dalam webinar bertajuk Strategi Pupuk Kaltim Pastikan Stok Pupuk Aman di Musim Tanam 2021, Minggu (21/3).

Bos Pupuk Kaltim ini bilang, masih belum terintegrasinya akses transportasi menjadi kendala sendiri bagi perusahaan untuk melakukan penyaluran pupuk bersubsidi. Hal ini kian diperparah dengan minimnya jumlah moda angkutan yang tersedia.

"Jadi, walaupun beberapa daerah sudah ada tol laut itu cukup membantu. Tapi itu tidak menyentuh seluruh titik, disitulah yabg membutuhkan perhatian khusus," ungkapnya.

Dia mencontohkan, Pulau Buru yang terletak di Kepulauan Maluku menjadi salah satu wilayah yang sulit diakses untuk kegiatan penyaluran. Padahal, pulau ini memiliki lahan pertanian yang luas.

"Kenapa pulau Buru? Karena pertanian di situ sangat besar, tapi cukup ribet. Kapal pun juga susah," terangnya.

Maka dari itu, pihaknya sengaja mengangkut volume pupuk bersubsidi ke wilayah tersebut dalam jumlah besar dalam sekali penyaluran. Tujuannya agar memastikan stok pupuk mencukupi kebutuhan masyarakat di wilayah terpencil itu.

"Dari sisi biaya memang lebih mahal, karena kita harus memaintance inventory yang lebih besar, tapi saat ini, itu lah satu-satunya cara. Kita nggak mungkin membayangkan seperti di Jawa, kalau membutuhkan bisa dikirim langsung dari pabrik. Di Indonesia Timur itu harus memaintance stok lebih besar," papar dia menekankan. [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini