Listrik Padam Berpotensi Memperparah Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III

Selasa, 6 Agustus 2019 10:36 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Listrik Padam Berpotensi Memperparah Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Listrik Padam PLN. ©PLN

Merdeka.com - Indonesia baru saja dihebohkan dengan listrik padam yang terjadi hampir di sebagian besar Pulau Jawa. PLN menjelaskan padamnya listrik di wilayah Jabodetabek dikarenakan adanya gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV.

Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi menilai permasalahan pemadaman listrik yang sedang terjadi saat ini di wilayah Jawa, bila berkepanjangan, tentunya akan berisiko bagi pertumbuhan ekonomi pada kuartal tiga.

Ekonomi Indonesia pada kuartal dua tahun ini masih memperlihatkan tren pertumbuhan yang melambat sebagai dampak dari memburuknya kinerja ekspor akibat dari perang dagang antara Amerika dan China. Meski konsumsi masyarakat dan investasi masih memperlihatkan geliat pertumbuhan positif.

"Geliat perekonomian pada kuartal dua 2019, tumbuh sebesar 5,05 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ini adalah pertumbuhan ekonomi terendah sejak 2015, dalam periode yang sama," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (6/8).

Bahana Sekuritas menilai sektor konsumer masih tumbuh cukup baik meskipun ada hambatan dari faktor global, masih kuatnya konsumsi masyarakat dinilai berasal dari pengeluaran negara untuk belanja pemilu serta adanya kenaikan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Kepolisian sebesar 5% sejak Januari 2019, yang pencairannya sudah dilakukan pada April lalu.

"Namun perlu dicermati, apakah konsumsi masih akan tetap kuat dengan kemungkinan harga komoditas diperkirakan masih akan mengalami tekanan pada kuartal-kuartal selanjutnya, dengan perang dagang yang masih berlanjut," papar Lucky.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan pemadaman listrik sangat merugikan masyarakat. "Saya tahu ini tidak hanya bisa merusak reputasi PLN, namun banyak hal di luar PLN terutama konsumen sangat dirugikan," ucap Presiden Jokowi.

PLN tengah berupaya memulihkan listrik padam yang terjadi dari timur Jawa ke arah barat Jawa akibat terganggu pasokannya. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini