Lewat Program Ini, Kemenperin Dorong Perusahaan Bertransformasi ke Industri 4.0

Selasa, 16 April 2019 13:05 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Lewat Program Ini, Kemenperin Dorong Perusahaan Bertransformasi ke Industri 4.0 Menperin Airlangga. istimewa ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian telah meluncurkan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) yang merupakan standar acuan untuk mengukur kesiapan perusahaan untuk bertransformasi ke era industri 4.0. Saat ini sudah ada 326 perusahaannya yang dievaluasi lewat INDI 4.0 makin banyak perusahaan yang siap menyongsong era industri 4.0.

"Kita lihat per hari ini kita sudah melakukan Indi 4.0 Readiness Index itu 326 perusahaan sudah dievaluasi harapannya ada 10-20 persen ready masuk 4.0," kata dia, di acara acara Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (16/4).

Dengan demikian, perusahaan-perusahaan dapat mendapatkan manfaat dari implementasi industri 4.0. Salah satunya peningkatan produktivitas.

"Tujuan dari 4.0 apa, dari hasil presentasi kemarin, produktivitas yang sudah mengaplikasikan 4.0 itu naik rata-rata di atas 30-40 persen. Dan memang untuk melaksanakan 4.0 ada capex-nya ada investasinya yang besarnya sampai 20 Persen. Jadi ini lah yang kita dorong," jelas dia.

Ketua Umum Partai Golkar ini pun mengatakan bahwa saat ini sektor manufaktur Indonesia tengah dalam mode ekspansi. Hal itu ditunjukkan oleh nilai Prompt Manufacturing Index (PMI) yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI).

PMI manufaktur Indonesia pada triwulan I-2019 berada di angka 52,65 persen, lebih tinggi dari triwulan IV-2018 sebesar 52,58 persen. "Kalau industri kita berharap dengan adanya PMI di atas 52 persen modenya lagi ekspansif nah tentu kalau industri kita lihatnya nggak bisa short kita harus lihat long term," ungkap dia.

"Nah target kita tentu ada peningkatan kapasitas ekspor meningkat, kemudian domestik demand meningkat," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini