Lebaran 2020, Harga Kelapa Parut Naik 4 Kali Lipat Jadi Rp25.000 per Buah

Minggu, 24 Mei 2020 11:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
Lebaran 2020, Harga Kelapa Parut Naik 4 Kali Lipat Jadi Rp25.000 per Buah Kelapa. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Kelapa menjadi salah satu kebutuhan pangan penting setiap peringatan hari raya besar, tak terkecuali Idulfitri. Pantauan merdeka.com, harga buah tersebut naik hingga dibanderol Rp25.000 per buah di Pasar Cawang, Jakarta Timur.

Pedagang kelapa parut, Ningsih mengatakan, harga tersebut sekitar 4 kali lipat dibandingkan dengan harga normal yaitu Rp6.000 per buah. Kenaikan tersebut karena kebutuhan kelapa meningkat pesat.

"Rp25.000 per buah itu tetap banyak yang beli meski mahal ya. Tapi saat seperti ini orang tetap butuh apalagi imbauan di rumah saja, pasti kebutuhan masak memasak tinggi," ujar Ningsih di Pasar Cawang, Jakarta, Minggu (24/5).

Ningsih melanjutkan, untuk mengantisipasi kenaikan dan permintaan yang tinggi pihaknya sudah memesan kelapa 10 kali lebih banyak dari kondisi normal. Namun tetap saja, ketika hari H Lebaran stok kurang.

"Harga naik karena stoknya kurang juga. Padahal sudah pesan 10 kali lebih banyak dibanding biasanya. Tetap habis. Pagi-pagi tadi sudah habis. Telat ke pasar sudah pasti tidak kebagian. Kita hubungi stok di Keramat Jati juga sudah ludes," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Masyarakat Tetap Beli Meski Mahal

beli meski mahal rev1

Salah satu pembeli kelapa parut, Anggita mengatakan, tetap membeli kelapa meski harganya melambung tinggi karena kebutuhan memasak mayoritas pakai santan kelapa. Buah berbentuk bulat tersebut memang selalu naik harga saat hari raya.

"Tetap beli, soalnya masak opor, rendang, kue-kuean kan emang pakai kelapa. Kalau pakai santan instan rasanya kurang pas, makanya harga naik tetap dibeli. Nggak papa lah, harga naik asal ada stok yang bisa dibeli," jelasnya. [idr]

Baca juga:
Lebaran 2020, Harga Kelapa Parut Naik 4 Kali Lipat Jadi Rp25.000 per Buah
H-1 Lebaran, Kemendag Gelar Operasi Pasar di Tiga Lokasi
Jelang Lebaran, Harga Telur Ayam di Tangsel Normal
Tak Main-Main, Budi Waseso Tindak Tegas Oknum Diskreditkan Kualitas Beras Bulog
Kemendag Grebek Distributor Nakal yang Naikkan Harga Gula
Menteri Erick Usul Daging Ayam Masuk Bansos Untuk Naikkan Kembali Harga
Mendag: Jika Ada Pedagang Jual Gula Lebih Mahal dari HET, Segera Laporkan

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Harga Pangan
  3. Santan Kelapa
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini