Lebaran 2019, Shell dan Total Ikut Diperintah Pemerintah Jaga Pasokan BBM Saat Mudik

Selasa, 14 Mei 2019 14:21 Reporter : Merdeka
Lebaran 2019, Shell dan Total Ikut Diperintah Pemerintah Jaga Pasokan BBM Saat Mudik Shell Ikut Jaga BBM Saat Lebaran 2019. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Satuan tugas (Satgas) Ramadan dan Lebaran 2019 sektor energi bentukan pemerintah menugaskan badan usaha asing untuk ikut menjaga ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal ini untuk menjaga pasokan BBM selama musim mudik.

Wakil Ketua Satgas Fashurullah Asa mengatakan, ada yang berbeda dalam penerapan satgas Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, yaitu melibatkan badan usaha penyedia BBM asing yang beroperasi di Indonesia, selain PT Pertamina (Persero) dan PT AKR Coorporindo.

"Yang beda kan, tahun sebelumnya Pertamina dan AKR, tahun ini kami perintahkan badan usaha apakah Shell atau Total ikut menjamin ketersediaan BBM," kata Fanshurullah, saat rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/5).

Untuk mekanisme penugasan badan usaha asing dalam pengamanan pasokan BBM saat menjelang Lebaran, Fanshurullah yang juga Kepala Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. "Apakah nanti akan ada di tol. Nanti akan diatur," ujarnya.

Dia pun menjamin, pasokan BBM cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan Lebaran 2019, sesuai dengan prediksi kenaikan konsumsi. Pertamina pun sudah menyiapkan cadangan BBM rata-rata selama 21 hari. "Untuk BBM aman, untuk di luar Pertamina juga aman cadangannya, karena jauh lebih kecil ya," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini