Lebak Bulus batal ditutup, Wika percayakan ke Jokowi

Kamis, 9 Januari 2014 15:51 Reporter : Idris Rusadi Putra
Lebak Bulus batal ditutup, Wika percayakan ke Jokowi jokowi resmikan proyek MRT Lebak Bulus - HI. ©2013 Merdeka.com/m. luthfi rahman

Merdeka.com - Proses pembangunan Mass Rapid Transportation (MRT) saat ini masih terhambat pembebasan lahan. Salah satunya pembebasan lahan Terminal Lebak Bulus yang mendapat pertentangan dari pengusaha bus dan angkutan umum.

PT Wijaya Karya sebagai kontraktor tidak mau ambil pusing dengan persoalan terhambatnya pembebasan lahan tersebut. Wika mengaku telah melakukan komunikasi intensif dengan Gubernur DKI Joko Widodo.

"Sudah koordinasi sama Pak Jokowi, penolakan itu proyek sudah disiapkan jauh hari. Cuma mungkin dalam proses ada miskomunikasi," ucap Sekretaris Wika, Natal Argawan ketika ditemui di Jakarta, Kamis (9/1).

Natal menduga, penolakan ini terjadi karena ada kepentingan beberapa pihak. Namun pihaknya percaya proyek ini tidak akan molor dan tetap berjalan sesuai rencana.

"Artinya fisik sudah jalan. Pemda sudah komunikasi kita juga sudah komunikasi. Kita punya schedule juga sudah antisipasi ini. Ini karena kenyamanan tertentu terganggu. Misalnya sudah enak-enak disuruh pindah. Dan ini tidak akan mengganggu. Masih koridor jadwal proyek," tutupnya.

Sebelumnya, protes sejumlah pengusaha bus, sopir dan pedagang, membuat Gubernur Jokowi membatalkan sementara penutupan Terminal Lebak Bulus. Meski terminal tetap beroperasi, Jokowi memastikan pekerjaan proyek angkutan massal Mass Rapid Transit (MRT) tetap berjalan. "Tadi malam sudah kita hitung dan tidak berpengaruh. Meskipun ditunda kepentingan yang lebih besar, pembangunan MRT tetap tepat waktu," jelas Jokowi di sela-sela sidaknya ke Pasar Makassar, Jakarta Timur, Selasa (7/1). Jokowi menegaskan secara keseluruhan batalnya penutupan itu tak terlalu mengganggu pekerjaan. Hanya saja, pembangunan stasiun dan depo MRT pastinya agak terlambat. "Semuanya harus melihat lapangannya. Apa yang paling penting, target pembangunan MRT harus tepat waktu. Biar penyuluhan MRT tepat sasaran dan konkret," tegasnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini