Layani pemakai 11 hari, SPG cantik IIMS bisa kantongi puluhan juta

Kamis, 14 April 2016 10:56 Reporter : Siti Nur Azzura
Layani pemakai 11 hari, SPG cantik IIMS bisa kantongi puluhan juta SPG cantik IIMS 2016. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) kembali digelar di JIEXPO Kemayoran mulai Kamis (7/4). Dalam pameran ini, sebanyak 50 merek kendaraan otomotif dari 30 agen pemegang merek (APM) dipamerkan kepada masyarakat pecinta otomotif.

Tak hanya mobil yang dipamerkan, berbagai Sales Promotion Girl (SPG) atau Usher juga bertebaran untuk menarik perhatian mata pengunjung. Namun, tahukah Anda berapa bayaran dari para wanita cantik dalam satu event?

Salah satu usher Toyota, Lusyanah Gabriella, mengaku dalam satu event dirinya mampu meraih puluhan juta hanya dalam beberapa hari. Di IIMS sendiri, setiap usher mampu dibayar sekitar Rp 1 juta untuk satu shift, atau 6 jam.

"Sistem pembayaran per event dihitung per shift. Di IIMS ini ada 11 shift. Satu shift lebih dari Rp 1 juta. Kebetulan aku sudah kontrak, sudah lima tahun di Toyota," Kata Lusyanah saat di wawancara merdeka.com, Jakarta, Rabu (13/4).

Namun, tak semua usher mendapatkan bayaran yang sama. Untuk usher tidak kontrak, pihak Toyota hanya membayar sebesar Rp 1 juta per shift. Sedangkan untuk usher kontrak, Toyota membayar lebih dari Rp 1 juta per shift.

Menurutnya, dari semua brand otomotif yang ada di IIMS, Toyota menjadi salah satu yang berani bayar mahal untuk usher. Namun, bayaran tersebut sesuai dengan kualitas para usher terpilih.

"Tapi sesuai juga sih karena dari semua brand, Toyota paling susah interviewnya. Selain itu kita juga sekolah kepribadian di John Robert Power, kita belajar manner, belajar bagaimana kita berjalan, bertutur kata, berdirinya bagaimana, karena kita kan harus menjaga image Toyota," imbuhnya.

Kerap digoda pengunjung

Saat bekerja, tak jarang juga para SPG mendapat godaan dari pengunjung. Berawal dari minta foto bareng hingga ujung-ujungnya minta nomor telepon genggam.

Salah satu usher Toyota, Piere Paulina bercerita selama dua tahun bekerja di Toyota, dirinya kerap digoda oleh para pengunjung, baik yang meminta untuk foto bersama sampai menanyakan data pribadi.

"Sering sekali digodain. Kadang ada yang minta nomer handphone ya saya kasih. Tapi kalau ada yang SMS macam-macam tidak pernah saya balas," kata wanita berusia 20 tahun ini.

Meski begitu, dia sendiri tidak mengambil pusing dengan sikap para pengunjung tersebut. "Aku sih tidak ambil pusing ya, enjoy saja. Karena kan di sini saya kerja. Keluarga juga tahu saya kerja jadi SPG," imbuhnya.

Sama halnya dengan Piere, Lusyanah Gabriela mengaku pernah ditawari menjadi model atau bintang iklan. Namun, wanita yang akrab dipanggil Uci ini tidak sembarang untuk menerima tawaran tersebut.

"Ada juga yang dia brand baju cukup terkenal tapi cara kerjanya musti cepat jadi kadang ganti baju saja tidak dipisah antara perempuan dan laki-laki. Itu saya tidak mau," jelas Uci saat diwawancara terpisah. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini