Laporan Keuangan Kementerian Lembaga dan Pemda Dapat Opini WTP Naik di 2019

Selasa, 22 September 2020 10:26 Reporter : Dwi Aditya Putra
Laporan Keuangan Kementerian Lembaga dan Pemda Dapat Opini WTP Naik di 2019 Menkeu Sri Mulyani. ©Humas Kemenkeu

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengklaim kualitas laporan keuangan kementerian dan lembaga (LKKL) tahun 2019 pencapaiannya sudah meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah opini wajar tanpa pengecualian (WTP) diberikan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Opini WTP dari LKKL yang sebelumnya pada tahun 2018 sebanyak 81 dan sekarang menjadi 84 untuk tahun anggaran 2019," kata dia dalam acara Pembukaan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2020, di Jakarta, Selasa (22/9).

Pencapaian yang meningkat juga terlihat pada laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) pada tahun 2019. Di mana LKPD yang memperoleh opini WTP dari BPK adalah sebanyak 486 atau setara dengan 89,7 persen dari 542 LKPD.

Adapun pemerintahan daerah yang mendapatkan opini WTP ini terdiri dari 34 pemerintah provinsi, 87 pemerintah kota, dan 365 pemerintah kabupaten. Sehingga, apabila dibandingkan tahun 2018 keberhasilan pemda yang mendapatkan opini WTP atas LKPD-nya meningkat sebesar 7,9 persen.

"Saya sangat menghargai dengan semakin meningkatnya jumlah Kementerian lembaga serta Pemerintah Daerah yang mendapatkan opini tertinggi dari BPK yaitu opini wajar tanpa pengecualian," katanya.

Baca Selanjutnya: Bendahara Negara itu berharap capaian-capaian...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini