Lapangan Gas Abadi Masela Akan Berproduksi Pada 2027

Selasa, 16 Juli 2019 18:09 Reporter : Merdeka
Lapangan Gas Abadi Masela Akan Berproduksi Pada 2027 Ilustrasi Migas. shutterstock.com

Merdeka.com - Inpex Corporation ‎menargetkan produksi Blok Masela dimulai pada 2027. Ini setelah perusahaan mendapat persetujuan pengembangan (Plan Of Development/POD) dari Pemerintah Indonesia.

‎President dan CEO Inpex, Takayuki Ueda mengatakan, setelah POD Blok Masela disetujui Pemerintah Indonesia, Inpex Masela anak usaha Inpex Corporation yang ditugaskan mengelola ‎Blok Masela akan melanjutkan membuat desain rinci (Front End Enginering Design/FEED).

"Untuk menjaga agar proyek tetap kompetitif, Inpex akan terus bekerja sama dengan mitra kerja Shell‎ dengan dukungan Pemerintah Indonesia, untuk memulai persiapan yang diperlukan," kata Ueda di Jakarta, Selasa (16/7).

Menurut Ueda,‎ setelah menempuh tahap FEED, kemudian dilanjutkan dengan tahapan FID dan pengadaan teknis konstruksi (Enginering, Procurment and Construction/EPC) kemudian dilanjutkan dengan produksi pada periode 2027 atau 2028.

"Kami menargetkan untuk memulai produksi pada paruh kedua dekade 2020-an," ujarnya.

‎Total kapasitas produksi gas yang akan diproduksi oleh Inpex setiap tahunnya adalah sebesar 10,5 juta Metrik Ton (MT) per tahun dengan rincian sebanyak 9,5 juta MT per tahun untuk gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) dan sebanyak 150 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) disuplai untuk kebutuhan domestik.

Selain itu,lapangan gas abadi juga memproduksi kondensat dengan produksi rata-rata perhari 35 ribu barel per hari (bph) yang akan mulai berproduksi ditargetkan pada tahun 2027.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Blok Masela
  2. Migas
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini