KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Laba Bumi Serpong Damai melonjak empat kali lipat

Rabu, 1 Mei 2013 14:40 Reporter : Novita Intan Sari
perumahan. ©2012 Merdeka.com/sapto anggoro

Merdeka.com - PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) mencatatkan lonjakan laba bersih pada kuartal I 2013 naik 369,1 persen menjadi Rp 1,24 triliun dibanding periode sama tahun lalu yang hanya Rp 265 miliar.

"Pencapaian terbesar ini, hanya didapatkan dalam tiga bulan pertama 2013. Kami yakin dengan hasil ini, target pendapatan tahun 2013 akan tercapai," ujar Direktur dan Corporate Secretary BSDE Hermawan Wijaya usai Investor Day di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (1/5).

Dia menambahkan, lonjakan laba ini ditopang oleh kinerja pendapatan yang bersumber dari penjualan tanah dan bangunan yang berkontribusi sebesar Rp 1,88 triliun atau 90,6 persen dari total pendapatan.

"Pertumbuhan pendapatan signifikan bersumber dari penjualan kepada tiga perusahaan anak kelompok usaha antara lain Sinar Mas Land dengan Hongkong Land, AEON Mall dan Group Kompas Gramedia," jelasnya.

Pendapatan BSDE, selaku emiten properti, memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 30 triliun atau tumbuh hampir mencapai 160 persen atau sebesar Rp 2,08 triliun jika dibandingkan dengan pendapatan pada periode yang sama di tahun 2012 sebesar Rp 800 miliar.

Sedangkan kontributor pendapatan terbesar kedua adalah segmen pendapatan sewa yang berkontribusi sebesar 5 persen atau senilai Rp 103,5 miliar. "Kinerja secara historis maupun kinerja saat ini adalah indikasi positif bahwa kita telah menempuh arah yang tepat dan membawa nilai yang lebih baik," ungkapnya.

Seperti diketahui, dalam 20 tahun terakhir anggota Sinar Mas Land ini telah menjual setidaknya 30 ribu unit baik produk residensial maupun komersial di BSD City. Hingga Kuartal I 2013, cadangan Tanah yang belum dikembangkan mencapai nilai Rp 7,46 triliun.

Hal ini memberikan keleluasaan gerak bagi BSDE untuk mengembangkan proyek-proyek yang sudah ada maupun melakukan ekspansi ke proyek baru. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. BSD
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.