Kurs Rupiah Ditutup Menguat ke Rp14.253 per USD Dipicu Sentimen Positif Domestik

Selasa, 8 Juni 2021 18:19 Reporter : Idris Rusadi Putra
Kurs Rupiah Ditutup Menguat ke Rp14.253 per USD Dipicu Sentimen Positif Domestik Rupiah. ©2018 Merdeka.com/Azzura Zurae

Merdeka.com - Nilai tukar atau kurs Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore ditutup menguat didukung sentimen positif baik dari global maupun domestik.

Rupiah ditutup menguat 12 poin atau 0,09 persen ke posisi Rp14.253 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.265 per USD.

"Saya melihat memang kondisi cukup kondusif bagi Rupiah, di mana baik dari dalam maupun global menunjukkan perkembangan positif. Data inflasi di dalam negeri masih cukup stabil dan arus modal asing juga masuk baik di saham maupun SBN," kata Analis Pasar Uang Bank Mandiri Rully Arya di Jakarta, Selasa (8/6).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Mei 2021 sebesar 0,32 persen (mom) atau 1,67 persen (yoy) dipicu kenaikan permintaan masyarakat atas barang konsumsi pada periode Lebaran.

"Hal ini juga terkait dengan membaiknya risiko pasar. Sentimen risk-on masih berlanjut sejalan dengan perbaikan ekonomi global, sehingga nilai tukar dolar cenderung menurun, ditunjukkan oleh penurunan indeks dolar kembali ke kisaran 89-90," ujar Rully.

Sementara itu, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Mei 2021 yang mencapai USD 136,4 miliar atau turun dibandingkan dengan posisi pada akhir April 2021 sebesar USD 138,8 miliar, tidak banyak memengaruhi pergerakan Rupiah.

"Rilis cadangan devisa tidak terlalu menjadi sentimen karena data lagg atau sudah lewat, sedangkan market lebih melihat arah ke depan seperti apa. Memang yang menjadi risiko adalah bagaimana arah kebijakan The Fed ke depan," kata Rully.

Baca Selanjutnya: Rupiah Pagi Hari...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini