Kunjungan Masyarakat ke TMII Bakal Dibatasi Usai Perhelatan G20

Rabu, 28 September 2022 22:16 Reporter : Anisyah Al Faqir
Kunjungan Masyarakat ke TMII Bakal Dibatasi Usai Perhelatan G20 Sandiaga Uno. ©Istimewa

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kunjungan wisata masyarakat ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur masih akan dibatasi pasca perhelatan Presidensi G20 Indonesia.

Sebab, revitalisasi yang sedang digarap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini difokuskan untuk menyambut para delegasi yang hadir dalam rangkaian acara saja.

"Revitalisasi ini memang belum selesai pasca G20. Pembatasan ini akan dilakukan agar renovasinya lebih baik lagi," kata Sandiaga dalam konferensi pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (28/9) malam.

Sebagai mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga mengakui TMII menjadi salah satu destinasi utama saat musim liburan. Utamanya di setiap musim libur lebaran. Lebih dari 2 ribu orang bisa datang di musim libur tersebut karena menghadirkan miniatur Indonesia dalam satu tempat.

"Habis hari raya (lebaran) kunjungannya ini sehari lebih dari 1.000 atau 2.000 orang, karena ini sangat favorit," kata dia.

Maka, pihaknya akan berkoordinasi dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko (TWC) sebagai holding BUMN Pariwisata yang bertanggung jawab melakukan revitalisasi. Sandiaga ingin, salah satu destinasi unggulan Ibukota ini bisa menjadi lebih berkualitas misalnya, dari sisi kebersihan, pengelolaan sampah dan sebagainya.

"Kami akan koordinasikan dengan PT TWC untuk mengelola Taman Mini agar pola perjalanan dan kunjungan wisatanya lebih berkualitas dengan meningkatkan pariwisata yang ditawarkan," kata dia.

2 dari 2 halaman

Tujuan Revitalisasi

Sebagai informasi, revitalisasi TMII bertujuan untuk mengembalikan marwahnya seperti sedia kala, seperti menghadirkan ruang terbuka 70 persen dari luas luas lahan. Sebab saat ini ruang terbukanya hanya 30 persen saja, sedangkan 70 persennya merupakan bangunan.

Proyek revitalisasi TMII pun dianggarkan Rp1,13 triliun oleh Kementerian PUPR. Dana tersebut akan digunakan untuk penanganan jalan kawasan TMII, penataan area gerbang utama dan renovasi 3 joglo, yakni Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo dan Sasono Adiguno.

Sambil menunggu rampungnya destinasi wisata di DKI Jakarta, Sandiaga menyebut ada tujuan wisata yang bisa dinikmati. Setidaknya ada 4 destinasi unggulan yang banyak dikunjungi masyarakat, antara lain Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara. Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan. Wisata heritage Kota Tua di Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu.

"Ini destinasi-destinasi unggulan yang paling favorit dikunjungi wisatawan," kata dia. [idr]

Baca juga:
Usai Penataan, Berapa Harga Tiket Masuk TMII?
Revitalisasi Capai 98 Persen, Begini Penampakan Terkini TMII
Pemerintah Kebut Revitalisasi TMII untuk Sambut G20, Begini Perkembangannya
Wajah Baru TMII Usai 'Dipermak', Semoga Tarif Tak Mahal Rakyat Bawa Tikar Nyaman
Revitalisasi TMII Capai 98 Persen, Jokowi Minta Tarif Masuk Tak Mahal
Mendagri Minta Perbaiki TMII, Gubernur Riau: Target Kami 20 Agustus Selesai

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini