Kunci Bisnis Logistik RI Duduki Peringkat 30 Besar Dunia di 2024

Rabu, 3 Februari 2021 16:44 Reporter : Merdeka
Kunci Bisnis Logistik RI Duduki Peringkat 30 Besar Dunia di 2024 Pelabuhan. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia, Yukki Nugrahawan mengatakan, bisnis logistik Indonesia bisa berada di posisi 30 besar logistik dunia pada tahun 2024. Apabila para pengusaha logistik memberikan suatu nilai tambah dengan inovasi-inovasi baru.

"Menurut saya kita 2024 Indonesia bisa masuk 3 besar ASEAN. Kalau kita masuk di 3 besar ASEAN maka kita masuk di 30 besar dunia. Pentingnya kita dalam dunia logistik ini memberikan suatu nilai tambah. Nilai tambah itu menjadi kata kunci," kata Yukki dalam APLOG LOGISTICS FORUM, Rabu (3/2).

Menurutnya, sangat penting bagi sektor logistik untuk memberikan suatu nilai tambah, dengan sebuah inovasi-inovasi yang baru. Sehingga pada akhirnya logistik Indonesia mempunyai nilai daya saing atau kompetitif dalam menghadapi situasi dan kondisi yang dinamis seperti sekarang.

Yukki menyebut kolaborasi merupakan kata kunci lainnya agar logistik Indonesia semakin berkembang baik. Misalnya berkolaborasi dengan e-commerce agar usaha terus bergerak.

"Kolaborasi itu menjadi kata kunci ke depan, ini bukan hanya semata e-commerce, memang perdagangan secara online itu sekarang sudah mencapai angka 15 persen (pertumbuhannya), itulah bagaimana kita bisa menangkap peluang itu, dengan melakukan kolaborasi besar," jelasnya.

Selain itu, Yukki mengingatkan kepada para pengusaha logistik agar memperhatikan perkembangan ekonomi. Sebab logistik itu dipengaruhi oleh dua hal, yakni pertama, konsumsi dan perdagangan; kedua, dipengaruhi sisi investasi.

"Kita bisa lihat agar teman-teman logistik bisa menempatkan strategi daripada perusahaan logistik untuk memberikan nilai tambah dan efisiensi kepada customer dan lebih tepat sasaran," tandasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini