Kumpulkan Menteri, Jokowi Ingin Perbaikan Regulasi Ekspor & Penciptaan Lapangan Kerja

Selasa, 3 September 2019 15:31 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Kumpulkan Menteri, Jokowi Ingin Perbaikan Regulasi Ekspor & Penciptaan Lapangan Kerja Presiden Jokowi. ©2018 istimewa

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas tentang percepatan peta jalan penerapan industri 4.0 bersama menteri kabinet kerja di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (3/9). Dalam rapat tersebut, Jokowi ingin mendengarkan laporan implementasi dari para menteri.

"Saya ingin mendengar laporan implementasinya dan ini kita perlukan agar langkah-langkah kita menghadapi perubahan global yang sangat cepat terutama datangnya revolusi industri," kata Jokowi saat buka rapat terbatas bersama para menteri di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (3/9).

Selain itu, Jokowi juga ingin adanya perubahan industri global terlaksana secepatnya. Ada lima industri yang diprioritaskan. Mulai dari makanan, minuman hingga elektronik.

"Saya juga ingin langkah-langkah perubahan harus betul-betul nyata di lima sektor industri prioritas yang sudah sering kita bicarakan yaitu di industri makan dan minuman, tekstil dan busana, otomotif, kimia dan elektronik," ungkap Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga berharap dengan adanya terobosan-terobosan dan perbaikan regulasi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta membangun ekosistem inovasi industri yang baik. "Peningkatan insentif-insentif untuk investasi di bidang teknologi, mendesain ulang zona-zona industri sampai dengan perbaikan alur aliran bahan materialnya," jelas Jokowi.

Jokowi yakin, dengan memperbaiki struktur industri nasional mampu meningkatkan dan mendorong ekspor serta investasi. Dan tidak kalah pentingnya peningkatan lapangan kerja baru. "Mendorong peningkatan ekspor dan investasi dan juga tidak kalah pentingnya adalah peningkatan lapangan pekerjaan baru yang bisa menampung lebih banyak lagi tenaga-tenaga kerja di negara kita," ungkap Jokowi.

"Saya harapkan apa yang sudah kita rencanakan yaitu tambahan lebih dari 10 juta lapangan pekerjaan bisa kita ciptakan dengan ini," tambah Jokowi. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini