Kumpulkan Menteri, Jokowi Bahas Tanah Sengketa Masuk Dalam Kawasan Hutan

Selasa, 26 Februari 2019 11:37 Reporter : Merdeka
Kumpulkan Menteri, Jokowi Bahas Tanah Sengketa Masuk Dalam Kawasan Hutan Presiden Jokowi. ©2018 Merdeka.com/Titin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumpulkan sejumlah menteri untuk membahas permasalahan tanah di kawasan hutan. Menurutnya, saat ini masih banyak tanah-tanah sengketa yang masuk dalam kawasan hutan.

Hadir dalam rapat tersebut di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno dan lain sebagainya.

"Saya ingatkan kebijakan tanah di kawasan hutan sangat penting dalam rangka perlindungan hukum, terutama bagi rakyat yang memanfaatkan tanah di di kawasan hutan," kata Jokowi di Kantor Presiden, Selasa (26/2).

Dia menceritakan, dari kunjungannya ke Bengkulu beberapa waktu lalu, dirinya berdialog dengan beberapa warga, di mana salah satunya tengah menghadapi sengketa tanah tempat tinggalnya.

Sengketa ini timbul karena tempat tinggalnya berada di dalam konsesi hutan yang dimanfaatkan oleh swasta. Hasilnya warga tersebut kalah dalam proses hukum. Persoalan ini, diyakini Jokowi tidak hanya terjadi di Bengkulu, bahkan di Pulau Jawa masih banyak persoalan serupa.

"Di Jawa ini terutama dalam kawasan Perhutani. Banyak kampung di kawasan Perhutani yang jalannya tidak bisa di aspal karena tiap mau di aspal harus izin dulu. Ini harus segera diselesaikan. Saya kira penataan dan pendataan tanah di kawasan hutan harus dipercepat," tegasnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta untuk proses verifikasi dan inventarisasi tanah di kawasan hutan tidak berbelit-belit.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini