Kuasai satu dari 5 bahasa ini, pekerjaan bergaji tinggi menanti

Kamis, 28 April 2016 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Kuasai satu dari 5 bahasa ini, pekerjaan bergaji tinggi menanti Ilustrasi pria dan wanita berbicara. ©Shutterstock.com/Blaj Gabriel

Merdeka.com - Menguasai bahasa asing dapat membantu manusia dalam segala aspek kehidupan. Beberapa diantaranya seperti wisata, persahabatan, hingga pekerjaan.

Dilansir dari Lifehack, terdapat setidaknya lima bahasa yang menguntungkan untuk menambah pundi-pundi kekayaan jika dikuasai. Lima bahasa tersebt diantaranya Spanyol, Prancis, Jerman, Mandarin, dan Arab.

Mari kita ulas mengapa menguasai bahasa-bahasa ini menguntungkan.

1. Spanyol

Spanyol menjadi bahasa ketiga yang terbanyak digunakan masyarakat dunia. Kuasai Bahasa Spanyol, maka kita dapat berinteraksi dengan lebih dari 500 juta orang di dunia.

Di Amerika Serikat dan Eropa, Spanyol menjadi bahasa resmi kedua yang digunakan selain Bahasa Inggris. Dan Spanyol menjadi bahasa resmi yang digunakan di empat benua di dunia.

2. Prancis

Prancis dikenal sebagai negara pemilik ekonomi terbesar kelima dan peringkat tiga besar lokasi pilihan investasi asing terbanyak. Maka dari itu, mempelajari Bahasa Prancis akan membuka peluang mendapat pekerjaan di perusahaan milik negara tersebut.

Perusahaan Prancis setidaknya tersebar di sejumlah negara dunia. Diantanya Kanada, Swiss, Belgia, serta Afrika Utara.

3. Jerman

Menurut The Economist, perusahaan Jerman paling royal dalam memberikan upah pekerjanya. Sebagai perbandingan, perusahaan Spanyol hanya memberi bonus 1,5 persen, Prancis 2,3 persen, sementara Jerman memberi 3,8 persen.

Meski Bahasa Jerman tidak banyak digunakan seperti halnya Spanyol, namun, perusahaan nasional mereka termasuk golongan raksasa dunia. Khususnya pabrikan otomotif BMW.

4. Mandarin

Bukan suatu hal mengejutkan Bahasa Mandarin masuk dalam daftar ini. Kita bisa melihat pesatnya pertumbuhan ekonomi China membuat bahasa ini banyak digunakan perusahaan asing untuk menjalin kerja sama dengan negara Tirai Bambu tersebut.

Maka dari itu, Bahasa Mandarin menjadi salah satu yang terluas penyebarannya di dunia saat ini.

5. Arab

Bangsa Arab dikenal sebagai salah satu kawasan terkaya di dunia. Produk domestik bruto kawasan itu mencapai lebih dari USD 600 miliar.

Maka dari itu, perusahaan banyak mengincar pasar bangsa di Timur Tengah sebagai sasaran konsumen. Seseorang yang menguasai Bahasa Arab banyak dicari karenanya disebabkan yang bisa berbicara bahasa ini sangat terbatas.

Lalu industri apa saja yang menjanjikan kesejahteraan dengan menguasai bahasa asing tersebut?

1 dari 5 halaman

Penerjemah permainan

ilustrasi anak bermain video game. ©huffingtonpost.com

Apakah Anda besar dengan dunia nintendo? Maka jangan kaget apabila saat ini bisa menghasilkan uang dari permainan tersebut.

Perusahaan permainan, seperti Nintendo, selalu mencari seorang penerjemah. Tujuannya agar mereka bisa menerjemahkan bahasa dalam permainan ke bahasa pangsa pasar tujuan.

2 dari 5 halaman

Pramugari

Ilustrasi Pramugari. ©2015 Merdeka.com

Jika Anda tertarik berpergian sembari mendapatkan uang, maka menjadi pramugari bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan. Beberapa maskapai membutuhkan pramugari dengan kemampuan bahasa beragam.

Sebagai contoh, jika suatu maskapai memiliki rute perjalanan Amerika ke Spanyol, maka akan sangat dibutuhkan seseorang dengan kemampuan bahasa tersebut.

3 dari 5 halaman

Analis

Ilustrasi Bank. ©2014 Merdeka.com

Perusahaan perbankan dan keuangan internasional sangat membutuhkan seorang pekerja dengan kemampuan bahasa beragam. Sistem kerja perbankan yang mengharuskan para pekerja berinteraksi dengan penduduk dunia, membuat perusahaan ini akan memprioritaskan seseorang dengan kemampuan bahasa bervariasi.

Kemampuan bahasa asing membuat Anda dipercaya untuk melakukan negosiasi atau membuat kesepakatan.

4 dari 5 halaman

Fashion buyer

Peragaan busana Bollywood. ©AFP PHOTO

Industri pakaian saat ini sudah mendunia. Jika Anda ingin berkecimpung di dunia ini maka bersiaplah untuk berinteraksi dengan bahasa berbeda.

Maka dari itu, disarankan untuk menguasai Bahasa Spanyol, Italia, dan Prancis jika ingin karir di bidang ini lancar. Fashion buyer adalah orang yang bertanggung jawab memilih berbagai produk untuk di jual di suatu toko. Mereka biasanya bekerja untuk departement store, retail store atau wholesale clothing distributor. Mereka harus sadar trend dan benar-benar mengerti selera pasar.

5 dari 5 halaman

Perekrut pekerja

Ilustrasi wawancara kerja. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Odua Images

Semakin berkembangnya dunia bisnis hari ke hari membuat kebutuhan akan pekerja meninggi. Perusahaan selalu membuat kantor baru di Amerika Selatan, Amerika, Eropa, dan Asia.

Maka dari itu, diperlukan seseorang yang berkompeten untuk merekrut tenaga kerja lokal di benua-benua tersebut. Komunikasi menjadi salah satu kunci penting dalam mendapatkan pegawai terbaik untuk perusahaan. Untuk itu dibutuhkanlah seorang pegawai HRD yang bisa banyak bahasa. [bim] SELANJUTNYA

Baca juga:
Studi: Anak lelaki miskin lebih berpotensi menganggur
Survei: Pekerja Indonesia tak bahagia bekerja di dalam negeri
Kisah bocah-bocah di Jalur Gaza banting tulang demi hidupi keluarga
Daftar kerja pemberi gaji wanita lebih tinggi dari pria di Indonesia
Tips bekerja dengan atasan yang lebih muda

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini