Kuartal IV 2019, LPS Catat Jumlah Tabungan Bersaldo di Bawah Rp500 Juta Turun

Rabu, 22 Januari 2020 15:08 Reporter : Anggun P. Situmorang
Kuartal IV 2019, LPS Catat Jumlah Tabungan Bersaldo di Bawah Rp500 Juta Turun Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah. ©2019 Merdeka.com/Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah simpanan di bawah Rp500 juta mengalami penurunan atau perlambatan pada triwulan IV 2019. Perlambatan tersebut dipicu oleh pertumbuhan pendapatan masyarakat yang juga menurun.

"Untuk jumlah rekening dengan saldo di bawah Rp500 juta, melambat memang sejalan dengan melemahnya pertumbuhan pendapatan di akhir tahun," ujar Ketua Dewan Komisioner LPS, Halim Alamsyah, di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (22/1).

Berdasarkan data LPS, pertumbuhan simpanan di bawah Rp500 juta hingga akhir 2019 hanya sebesar 6,4 persen. Berbeda dengan tahun sebelumnya, jumlah rekening dengan saldo di bawah Rp500 juta tumbuh 9,06 persen.

Halim mengatakan, awal tahun lalu simpanan di bawah Rp500 juta memang meningkat tajam. Namun hal tersebut tidak berlangsung hingga akhir tahun. Meski demikian, kebijakan pemerintah masih cukup kuat untuk menjaga pendapatan masyarakat.

"Namun memang di awal tahun lalu sempat meningkat sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam melakukan kebijakan countercyclical ekonomi kita. Banyak program sosial untuk menjaga penurunan pendapatan masyarakat," papar bos LPS tersebut.

Baca Selanjutnya: Pemilik Saldo Rp 500 Juta...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. LPS
  3. Perbankan
  4. Ekonomi Indonesia
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini