Kuartal II-2020, Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Tertekan Hingga -8,22 Persen

Selasa, 15 September 2020 10:53 Reporter : Anisyah Al Faqir
Kuartal II-2020, Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Tertekan Hingga -8,22 Persen pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta pada kuartal II-2020 tertekan mencapai -8,22 persen. Angka ini terendah kedua setelah Bali yang mengalami kontraksi hingga -10 persen.

Dia menjelaskan, Jakarta menjadi yang tertinggi karena masuk dalam 10 provinsi penyumbang PDB terbesar. Selain itu, DKI Jakarta memiliki realisasi tinggi dan sangat berdampak pada kegiatan perekonomian.

"DKI Jakarta seperti kita ketahui efeknya sangat besar terhadap kegiatan perekonomian," kata Airlangga dalam sambutannya di acara Sarasehan Virtual 100 Ekonom: Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing, Jakarta, Selasa (15/9).

Selain DKI Jakarta, beberapa provinsi lainnya juga mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi. Misalnya di Jawa Timur yang pertumbuhannya -5,9 persen, Jawa Barat -5,8 persen, Jawa Tengah -5,94 persen, Kalimantan Timur -5,46 persen dan Banten -7,4 persen.

Sementara itu beberapa provinsi yang pertumbuhan ekonomi terkontraksi tidak terlalu dalam yakni Sumatera Utara -2,37 persen, Riau -3,22 persen, Sulawesi Selatan -3,87 persen dan Sumatera Selatan -1,37 persen. Daerah-daerah ini masih bisa tetap tumbuh lantaran ditopang sektor pertanian atau sektor perkebunan yang tidak terlalu terdampak oleh pandemi.

"Kuta lihat sektor pertanian dan perkebunan ini yang kurang berpengaruh akan pandemi ini," imbuhnya.

Selain itu, terdapat sektor pertambangan dan penggalian bisa menjadi pembangkit perekonomian nasional. Khususnya pada penggalian nikel di Sulawesi dan industri pengolahan, kontruksi dan perdagangan. Lima sektor ini masih bisa jadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Lima sektor yang bisa mengungkit perekonomian nasional," kata dia. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini