Kualitas Infrastruktur Jadi Pekerjaan Rumah Peningkatan Daya Saing Indonesia

Kamis, 14 Februari 2019 15:39 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Kualitas Infrastruktur Jadi Pekerjaan Rumah Peningkatan Daya Saing Indonesia Pembangunan infrastruktur flyover Pancoran. ©2017 Merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Indonesia saat ini menduduki posisi 52 dari 137 negara dalam hal daya saing di bidang infrastruktur. Tahun ini pemerintah menargetkan Indonesia bisa masuk ke posisi 40.

Kepala Subdit Penyiapan Kebijakan Investasi Infrastruktur, Direktorat Bina Investasi Infrastruktur Kementerian PUPR, Putut Marhayudi, menyebutkan pemerintah saat ini sudah tepat dengan program-program mengebut pembangunan infrastruktur. Terlihat dari peringkat daya saing Indonesia yang naik cukup signifikan.

"Every year meningkat terus daya saingnya, 2010 di posisi 82 dari 137 negara, sekarang di 2017 - 2018 kita di posisi 52. Artinya daya saing infrastruktur di Indonesia setiap tahunnya meningkat terus," kata dia dalam sebuah acara diskusi di Kawasan Kebayoran, Jakarta, Kamus (14/2).

Tahun ini dia optimistis pemerintah bisa mendongkrak daya saing Indonesia ke posisi 40. "Pemerintah saat ini punya target posisi 40," ujarnya.

Kendati demikian dia mengatakan, dilihat dari sisi kualitas infrastruktur di Indonesia masih jauh tertinggal. Baik dari negara ASEAN maupun dari negara berkembang lainnya.

"Tapi tidak bisa dipungkiri juga dari sisi kualitas infrastrukturnya kita masih di bawah rata-rata negara ASEAN dan Brazil, Rusia, Inggris dan China. Kita masih di bawah," ujarnya.

Namun dengan pencapaian yang terus meningkat, dipastikan dalam beberapa waktu ke depan infrastruktur di Indonesia akan mampu bersaing dengan negara lainnya. "Progressnya meningkat terus, dari sisi kualitas memang masih di bawah," tutupnya. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini