Kredit diperketat, rumah tipe di bawah 70 makin dicari

Rabu, 17 Juli 2013 16:16 Reporter : Sri Wiyanti
Kredit diperketat, rumah tipe di bawah 70 makin dicari perumahan. ©2012 Merdeka.com/sapto anggoro

Merdeka.com - Rencana Bank Indonesia (BI) memperketat aturan rasio pinjaman terhadap aset atau loan to value (LTV) untuk rumah tipe di atas 70 m2, berpotensi memunculkan perilaku shifting atau perubahan perilaku nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Potensi shifting berlaku pada konsumen rumah tipe 70 m2 menuju ke tipe yang lebih kecil.

"Ya pasti ada. Bisa saja. Kalau dia investor bisa saja," kata Direktur Keuangan BTN Saut Pardede di Menara BTN, Jakarta, Rabu (17/7).

Saut menambahkan, pengaruh pengetatan aturan LTV ke bisnis perseroan terbilang kecil. Pasalnya, sebagian besar KPR BTN mengalir ke sektor properti bersubsidi, atau rumah dengan tipe di bawah 70 m2.

"Kita realisasi 90 persen itu tipenya di bawah 70. Dan mereka adalah rumah pertama, pasti berpengaruh. Kita juga melayani rumah kedua ketiga, nah mereka ini yang akan terpengaruh. Jadi pasti dampaknya ada," tutur Saut.

Saut memprediksi, pengetatan aturan LTV, akan berpengaruh terhadap penurunan target KPR perseroan. "Mungkin jumlahnya akan berkurang, tapi kami komitmen hanya berfokus pada perumahan-perumahan subsidi dan perumahan menengah ke bawah," kata Saut.

Saat ini, porsi KPR perseroan untuk rumah bersubsidi sebesar 49 persen, sedangkan KPR untuk rumah non subsidi adalah sebesar 51 persen. "Sekarang itu hampir sama, dulu kita besar subsidi. Tapi 2 tahun ini kan subsidi merosot supply nya jadi disusul. Jadi sekarang malah non subsidi 51 persen yang subsidi 49 persen. Outstanding ya posisinya," ungkap Saut.

Semester II ini, dengan adanya berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh regulator, salah satunya adalah naiknya suku bunga, Saut memastikan kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap pasokan dan kebutuhan KPR. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Properti
  3. KPR
  4. BTN
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini