KRAS bukukan peningkatan volume penjualan di HUT ke-46

Jumat, 2 September 2016 10:31 Reporter : Haris Kurniawan
KRAS bukukan peningkatan volume penjualan di HUT ke-46 HUT Krakatau Steel ke-46. ©2016 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) bukukan peningkatan volume penjualan secara signifikan sebesar 39,59% pada Semester 1 2016 dibanding pada periode yang sama. Pencapaian ini bertepatan dengan hari lahir mereka yang jatuh setiap tanggal 31 Agustus.

Dalam paparan mengenai kondisi Perseroan yang disampaikan pada saat pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa belum lama ini, Direktur Utama PT KS Sukandar menyatakan volume penjualan pada semester 1 2016 mencapai 1,1 juta ton, sementara pada periode yang sama semester 1 2015 mencapai 0,837 juta ton.

"Peningkatan volume penjualan terjadi karena meningkatnya permintaan dalam negeri sebagai akibat dari mulai bergulirnya proyek infrastruktur pemerintah, dan bertambahnya beberapa konsumen baru," kata Sukandar.

Kata dia, peningkatan volume penjualan Hot Rolled Coil (HRC) mengalami peningkatan yang terbesar yakni mencapai 66,3% dari 380 ribu ton meningkat menjadi 630 ribu ton pada semester 1 2016 dibandingkan periode yang sama tahun 2015. Pertumbuhan ini diikuti penjualan Wire Rod sebesar 25,72%, dan Cold Rolled Coil (CRC) sebesar 10,55%. Sementara untuk produk turunan bajanya, penjualan pipa baja juga mengalami peningkatan yang cukup siginifikan yakni mencapai 96,63%, diikuti baja tulangan yang meningkat 15,5% dan baja profil meningkat 6,21%.

Sukandar menambahkan, beberapa proyek infrastruktur yang menggunakan baja PT KS antara lain, proyek transmisi listrik PLN tahap 1 sepanjang 18.000 KM, proyek Light Rapid Transit (LRT) di Jakarta dan Palembang, pembangunan tol trans Sumatera ruas Lampung, perkapalan, dan proyek migas lainnya. Proyek migas antara lain pembangunan jaringan pipa distribusi Pertagas Buntang dan region Jawa, serta proyek Pertamina di beberapa region.

Peningkatan penjualan ini berpengaruh juga pada membaiknya laba operasi perusahaan dari yang semula rugi USD103.68 juta pada semster 1 2015 menjadi laba USD26,69 juta pada semester 1 2016. Pencapaian laba kotor juga meningkat menjadi laba USD99,92 juta di semester 1 2016 dari sebelumnya rugi kotor USD38,89 juta pada periode yang sama di 2015.

Sementara itu, dalam merayakan hari jadinya, PT KS juga menggelar serangkaian kegiatan. Mulai dari lomba yang berlaku untuk internal karyawan seperti pop singer, band karyawan dan beberapa lomba olahraga seperti sepak bola, bola basket, dan senam.

"Ada juga kegiatan CSR dan Baitul Maal serta kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri. Kalau seluruh rangkaian kegiatan berupa kegiatan CSR, kerohanian, seremoni, upacara, olahraga, seni, pameran inovasi, bazar serta panggung hiburan," kata Ketua Panitia HUT ke-46 PT KS Tri Djoko Lelono.

Kesuksesan seluruh acara, lanjut Tri, merupakan hasil dari kerja sama yang kompak antara jajaran panitia yang telah bekerja keras tanpa kenal lelah. "Terima kasih kepada seluruh panitia," ujarnya.

Dirut PT KS Sukandar mengatakan, peringatan HUT sudah selayaknya dijadikan momen untuk merenungkan semangat pendirian PT KS.

"Tujuannya agar dapat mengambil nilai-nilai dan sejarah yang ada kemudian dijadikan landasan untuk terus berkarya dan menumbuh kembangkan perusahaan kedepannya dalam rangka mempertahankan kelangsungan dan keberadaan perseroan hingga dapat mencapai kejayaan yang dicita-citakan bersama," tuturnya.

Dukungan, kerja keras dan doa karyawan, lanjut Sukandar, merupakan kekuatan dan modal yang sangat besar untuk meringankan langkah stategis yang diambil oleh manajemen dalam rangka mewujudkan kejayaan perseroan.

Sukandar juga mengajak seluruh manajemen dan karyawan untuk tidak berhenti bekerja keras dan berbakti untuk kebaikan perseroan.

"Berkat kerja keras dan kerjasama karyawan, manajemen dan semua pihak terkait. Banyak capaian yang ditorehkan PT KS dengan menghadapi berbagai rintangan sehingga dapat bertahan dalam kondisi pasar baja nasional dan regional," tegasnya. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Krakatau Steel
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini