KPK Ingatkan Pegawai Kemenhub Agar Tak Korupsi

Kamis, 13 Februari 2020 13:06 Reporter : Merdeka
KPK Ingatkan Pegawai Kemenhub Agar Tak Korupsi Menhub Budi Karya Sumadi. ©Liputan6.com/Tira Santia

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan menggelar acara Sarasehan Anti Korupsi, yang juga dihadiri Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komisaris Jenderal Polisi Firli Bahuri. Dalam acara tersebut, Firli mengingatkan pegawai di lingkungan Kemenhub untuk menghindari tindak pidana korupsi.

"Saya apresiasi pak Firli datang ke sini agar kita diingatkan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak menyenangkan. Harapan kita apabila kita menjadi orang-orang yang governance anti korupsi, negara ini makin hebat. Saya harapkan temen-temen mampu untuk memperhatikan bangsa dengan juga tidak melakukan korupsi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya, Kamis (13/2).

Budi menjelaskan, untuk menciptakan lingkungan internal bebas korupsi, pihaknya selektif dalam memilih orang yang bekerja di Kemenhub, yang memang memiliki track record yang baik. Dia juga selalu mengingatkan bawahannya agar tidak melakukan korupsi, dan tentunya menggunakan teknologi pengawasan.

Sementara itu, Firli menjelaskan, tujuannya hadir dalam acara itu sebagai pencanangan komitmen pembentukan zona integritas yang dilaksanakan oleh Kemenhub. "Zona integritas ini menjadi penting sasarannya adalah Kementerian perhubungan, itu wilayah bebas dari korupsi, dan wilayah berhasil bersih dan melayani itu intinya," kata Firli.

Untuk itu, dia meminta agar Kemenhub untuk melakukan penguatan sistem pengawasan internal, penguatan terkait aparatur pengawasan pemerintah. "Ini menjadi penting kalau saja seluruh inspektur itu bekerja dengan optimal melakukan perbaikan, pengkajian terhadap sistem pelayanan, sistem barang dan jasa, tentu tidak akan terjadi korupsi," tandasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini