KKP Tangkap Tiga Kapal Pencuri Ikan Berbendara Malaysia

Senin, 6 Desember 2021 17:15 Reporter : Idris Rusadi Putra
KKP Tangkap Tiga Kapal Pencuri Ikan Berbendara Malaysia Kapal Asing. istimewa ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap tiga kapal asing berbendera Malaysia di kawasan perairan yang berbeda-beda. Di mana satu kapal ditangkap di Selat Malaka dan kapal lainnya di Laut Sulawesi.

"Kami mengonfirmasi penangkapan tiga kapal ikan asing berbendera Malaysia pada Sabtu (4/12) dan Minggu (5/12)," kata Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP, Laksda TNI Adin Nurawaluddin di Jakarta, Senin (6/12).

Direktur Pemantauan dan Operasi Armada Pung Nugroho Saksono menjelaskan bahwa penangkapan terhadap ketiga kapal ikan asing berbendera Malaysia ini berhasil dilakukan pada operasi yang dilaksanakan Kapal Pengawas Hiu 08 dan Kapal Pengawas Hiu 07.

Ketiga kapal ikan asing tersebut adalah KM.KHF 1746 (69,82 GT), SA-1882/5/F (4,30 GT), dan SA-3591/5/F (1 GT). Kapal tersebut mengoperasikan alat penangkapan ikan trawl dan hand line.

Dia menyampaikan bahwa saat ini satu kapal sudah berada di Stasiun PSDKP Belawan dan dua kapal lainnya diamankan di Satwas PSDKP Nunukan untuk proses hukum lebih lanjut.

"Sudah kami ad hoc ke Stasiun PSDKP Belawan dan Satwas PSDKP Nunukan untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujar Pung Nugroho Saksono.

Penangkapan kapal ikan illegal fishing asal Malaysia tersebut menambah panjang daftar kapal yang ditangkap oleh KKP pada tahun 2021.

Total sebanyak 156 kapal ikan telah ditangkap terdiri dari 105 kapal ikan Indonesia yang melakukan pelanggaran dan 51 kapal ikan asing yang melakukan pencurian ikan.

Adapun kapal ikan asing yang ditangkap terdiri dari 25 kapal asal Vietnam, 20 kapal asal Malaysia dan 6 kapal asal Filipina. [idr]

Baca juga:
Polisi Bekuk Warga Bali Tangkap Ikan Hias Pakai Potassium di Perairan Berau
Nelayan Keluhkan Kapal Ikan Vietnam Beroperasi di Pulau Laut Natuna
Kakek yang Bacok Pencuri Ikan di Demak Masih Ditahan, Ini Alasan Polisi
Kakek di Demak Ditahan karena Bacok Pencuri, Ini Penjelasan Polisi
Menteri KKP: Kasus Pencurian Ikan oleh Kapal Asing Ribuan, 47 yang Tertangkap
Di Bawah Umur, 4 Nelayan RI Tertangkap di Perairan Thailand Dipulangkan
KKP Tangkap Kapal Pencuri Ikan Malaysia di Selat Malaka

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini