KKP Kembali Tangkap 5 Kapal Asing Curi Ikan Indonesia

Minggu, 12 April 2020 19:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
KKP Kembali Tangkap 5 Kapal Asing Curi Ikan Indonesia Penenggelaman kapal asing ilegal pencuri ikan. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menangkap lima kapal pelaku pencurian ikan di kawasan perairan nasional. Lima kapal pelaku pencurian ikan tersebut ditangkap dari dua sektor operasi yaitu Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI) 711-Laut Natuna dan WPP-NRI 716-Laut Sulawesi.

"Kapal Pengawas Perikanan Ditjen PSDKP kembali melakukan penangkapan. Lima kapal tersebut terdiri dari tiga kapal berbendera Filipina dan dua kapal berbendera Vietnam," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (12/4).

Menteri Edhy menjelaskan bahwa penangkapan tersebut dilakukan tiga Kapal Pengawas Perikanan milik Ditjen PSDKP-KKP yaitu KP. Orca 01 dan KP. Orca 04 yang melakukan operasi di WPP-NRI 716-Laut Sulawesi serta KP. Orca 02 yang melakukan operasi di WPP-NRI 711-Laut Natuna Utara.

Keseluruhan operasi tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Pemantauan dan Operasi Armada yang memantau langsung operasi penyergapan secara terus menerus selama 24 jam.

KKP, lanjut Edhy, memang tidak melakukan pengurangan intensitas operasi selama pandemi Covid-19 ini dan tetap berkomitmen untuk menegakkan kedaulatan pengelolaan perikanan di seluruh WPP-NRI.

"Kami mengantisipasi adanya potensi peningkatan masuknya kapal ilegal di tengah permasalahan penyebaran pandemi Covid-19 ini. Itulah mengapa kami tidak mengurangi intensitas operasi di perairan yang kami pandang rawan pencurian ikan," jelas Edhy.

Baca Selanjutnya: Komitmen Pemberantasan Pencurian Ikan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini