KKP Bakal Tambah Satu SKPT Lagi di Perairan Utara Natuna

Rabu, 8 Januari 2020 12:13 Reporter : Dwi Aditya Putra
KKP Bakal Tambah Satu SKPT Lagi di Perairan Utara Natuna Nelayan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi - Ma'ruf Amin akan kembali membangun fasilitas Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di perairan utara Natuna, Kepulauan Riau. Pembangunan ini dilakukan mengingat wilayah tersebut memiliki potensi ikan cukup banyak yang bisa dioptimalkan.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Agus Suherman mengatakan, selama ini baru ada satu SKPT yang beroprasi di laut Natuna yakni di Selat Lampa. Menurutnya, kehadiran SKPT tersebut kurang mengingat potensi ikan di perairan Natuna cukup banyak.

Agus menyebut, pembangunan SKPT di perairan Utara Natuna sendiri sebagai fasilitas bagi nelayan. Nantinya di sana akan dibangun pelabuhan, perumahan untuk nelayan, hingga fasilitas industri seperti cold storage atau lemari pendingin.

"Sekarang baru ada satu SKPT di Selat Lampa. di Utara belum ada nah kita coba nambah satu," ujarnya ditemui di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Rabu (8/1).

1 dari 1 halaman

Dibangun Dalam Waktu Dekat

waktu dekat rev1

Pembangunan SKPT tersebut direncanakan akan direalisasikan dalam waktu dekat. Untuk saat ini, pihaknya sedang mengumpulkan beberapa dokumen untuk kelaikan pembangunan di wilayah tersebut. Paling cepat, pembangunan mulai dilakukan pada 2021 mendatang.

"Sekarang perencanaannya kan paling selesai 3-6 bulan selesai untuk di Utara pembangunan fasilitas pelabuhannya, abis itu mungkin 2021 baru mulai (pembangunannya)," jelasnya.

Adapun proses pembangunannya sendiri akan memakan waktu selama 1-2 tahun. Dengan demikian, diharapkan pembangunan tersebut dapat mengoptimalkan potensi perikanan di kawasan Natuna Utara. [idr]

Baca juga:
Proses Izin Tangkap Ikan Kini Online, Pangkas Waktu dari 14 Hari Menjadi 1 Jam
Menteri Edhy: 3 Kapal Pencuri Ikan Vietnam Baru Saja Diamankan di Natuna
Menko Luhut Bela Edhy Prabowo: Tidak Benar Banyak Kapal Asing Masuk
KKP Tegaskan Nasib Ekspor Benih Lobster Belum Diputuskan
Budidaya Lobster Butuh Dukungan Serius Menteri Edhy Prabowo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini