Kisah UMKM Ikut Program Binaan Menko Airlangga Usai Penjualan Anjlok Akibat Pandemi

Senin, 22 November 2021 19:35 Reporter : Merdeka
Kisah UMKM Ikut Program Binaan Menko Airlangga Usai Penjualan Anjlok Akibat Pandemi UMKM. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat mai menggeliat setelah lama terdampak pandemi Covid-19. Apalagi, setelah pelaku tergabung dalam kelompok UMKM usAHA di Kota Tasikmalaya yang kelompok binaan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Salah satunya yaitu pemilik usaha kuliner olahan susu di Kota Tasikmalaya, Ade Nurhayati (51). Dia mengaku kegiatan usahanya merosot karena sekolah-sekolah, toko oleh-oleh, dan tempat wisata yang selama ini diandalkan sebagai tempat penjualan semuanya tutup. Hingga akhirnya penjualan menurun drastis.

Produk yang dibuatnya yaitu olahan susu seperti susu segar, stick yogurt, yogurt murni kemasan botol, dan permen karamel susu yang mampu menjual yogurt sampai 100 liter setiap hari, namun saat pandemi paling tinggi hanya 40 liter per hari.

"Itu juga bersyukur masih bisa kejual, sebelum pandemi omzet sampai Rp30 juta per bulan, setelah pandemi paling besar cuma Rp10 juta per bulan," katanya dikutip dari Antara, Senin (22/11).

Dia mengungkapkan selama pandemi Covid-19 terpaksa harus mengurangi karyawan agar tidak terlalu besar biaya pengeluarannya. Kemudian dia berusaha mengoptimalkan penjualan daring dan bergabung dengan komunitas UMKM usAHA binaan Airlangga Hartarto untuk memudahkan pemasaran.

Menurut dia, adanya bimbingan dari komunitas usAHA dengan bergerak menjual produk secara daring melalui media sosial maupun aplikasi pesan WhatsApp mampu meningkatkan penjualan produk, meskipun tidak sebesar penjualan sebelum pandemi.

Penjualan produk olahan susu, kata dia, mulai ramai sejak diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang melonggarkan aturan aktivitas masyarakat maupun berjualan.

"Sekarang toko oleh-oleh itu lagi bagus-bagusnya, karena pelonggaran PPKM, pariwisata udah hidup lagi, jadinya jualan juga bisa napas lagi," kata Ade.

Dia menambahkan usahanya akan terus ditingkatkan dengan bergabung bersama komunitas UMKM usAHA binaan Partai Golkar yang memberikan pelatihan wirausaha seperti pengembangan usaha maupun promosi produk.

"Semenjak dipromosiin itu, jadi banyak yang order, ada dari Garut, Bandung, Jakarta, Bekasi, itu mereka beli dari Instagram semua, beda banget waktu sebelum dipromosiin," katanya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini