Kisah Kegagalan Jeff Bezos yang Tak Terungkap dan Rahasianya untuk Kembali Bangkit

Senin, 8 Agustus 2022 06:33 Reporter : Siti Ayu Rachma
Kisah Kegagalan Jeff Bezos yang Tak Terungkap dan Rahasianya untuk Kembali Bangkit Jeff Bezos. CNBC©2015

Merdeka.com - Nama Jeffrey Preston Bezos atau biasa disapa Jeff Bezos merupakan salah satu pengusaha terkaya di dunia. Dia juga pendiri, CEO hingga pemilik saham mayoritas di perusahaan teknologi terbesar yaitu, Amazon.

Jeff Bezos lahir pada 12 Januari 1964 di Albuquerque, New Mexico, USA. Amazon yang didirikannya adalah salah satu perusahaan teknologi multinasional Amerika terbesar. Selain itu, dia memiliki Blue Origin yang perusahaan roket dan surat kabar bernama Washington Post. Jeff memiliki total kekayaan bersih sekitar USD 166,4 miliar.

Namun demikian, di balik kesuksesannya, banyak rintangan yang dia alami. Susah dalam membangun perusahaan tidak membuat dirinya gentar akan tantangan yang datang menghampirinya.

Dikutip dari Smart Money, Jeff selalu berusaha keras untuk membangun sistem ritel web. Dia selalu berpikir bahwa salah satu kunci keberhasilan dalam perusahaan multinasional adalah fokusnya tidak pernah mengalahkan pesaingnya. Menurut dia, berkonsentrasi untuk membantu semua pelanggan adalah menjadi prioritas utamanya.

2 dari 3 halaman

Pilar Pembangunan Amazon

Dahulu, Jeff bertekad untuk mewujudkan mimpinya mendirikan sebuah perusahaan besar. Lahirlah Amazon pada tangan kreatif dan kepintaran seorang Jeff Bezos. Amazon dibangun dari beberapa pilar yang diciptakan Jeff. Pilar tersebut yakni, konsentrasi tunggal, karakter, dan akan selalu memberikan pengalaman konsumen terbaik untuk semua orang dengan Amazon.

Meskipun demikian, ternyata Jeff juga pernah mengalami kegagalan. Memang, ketika seseorang ingin mencapai kesuksesan dengan keinginan sendiri, selalu ada kegagalan dan rintangan yang ada.

Tetapi hal ini pun jangan membuat semangat menurun. Tentu ini harus diperjuangkan sehingga akan mendapatkan apa yang diinginkan. Kegagalan merupakan pembelajaran untuk maju lebih depan untuk capai tujuan.

3 dari 3 halaman

Usaha Jeff Bezos Pernah Gagal

Jeff mengalami kegagalan. Ada beberapa usaha yang diprakarsai dan di coba oleh Jeff yakni, Fire phone, Amazon Local, dan beberapa usaha lainnya Amazon wallet, Music importer, Amazon Kindle, Amazon local, Amazon WebPay, Askville.

Walaupun mengalami kegagalan yang cukup rumit, menurutnya kegagalan bahkan merupakan pengalaman yang akan membawa menuju kesuksesan.

Jeff Bezos tidak pernah takut menghadapi kegagalan tersebut. Sekarang Amazon menjadi perusahaan terkenal dan selalu mengedepankan pelanggannya.

Amazon selalu berkembang untuk menciptakan sesuatu yang baru dan menyediakan fasilitas yang dapat didekati kepada pelanggannya. [idr]

Baca juga:
Daftar 10 Orang Terkaya Dunia di 2022 Versi Forbes
Sri Mulyani Dijadwalkan Bertemu Jeff Bezos Hari ini, Bahas Apa?
Startup Lummo Raih Investasi dari Jeff Bezos
Mantan Istri Jeff Bezos Lepas Saham Amazon Rp121 Triliun
Jeff Bezos Tambah Donasi Rp 6,3 Triliun untuk Kelestarian Bumi
Jeff Bezos sebut Kelak Bumi Jadi Tempat Wisata Manusia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini