Kisah Hidup Homes, Dari Kekayaan Rp68 Triliun Hingga Bangkrut dan Dituduh Menipu

Rabu, 9 Oktober 2019 07:30 Reporter : Merdeka
Kisah Hidup Homes, Dari Kekayaan Rp68 Triliun Hingga Bangkrut dan Dituduh Menipu Elizabeth Holmes. ©2019 Reuters

Merdeka.com - Mantan miliuner Elizabeth Holmes (35) sempat menjadi sensasi di dunia teknologi Amerika Serikat (AS). Dia dikenal sebagai penemu muda yang membawa revolusi ke ranah uji darah. Lewat mesin temuannya, Holmes mengklaim bisa uji laboratorium dengan setetes darah saja.

Alat tes darah tersebut bernama Edison dan diproduksi oleh Theranos, sebuah startup yang Holmes dirikan pada tahun 2003.

Usia Holmes waktu itu baru 19 tahun, dan seperti idolanya Steve Jobs, wanita pirang ini juga akhirnya memutuskan keluar dari kampusnya Stanford, demi mengejar inovasi.

Pada tahun 2015, Holmes menjadi miliuner dengan kekayaan USD 4,5 miliar atau kini setara Rp68,8 triliun.

Masih di tahun yang sama, Wall Street Journal mengungkap sejumlah keganjilan pada Theranos, terutama karena hasil uji lab Theranos meragukan secara ilmiah, apalagi perusahaan itu tak transparan pada teknologi mereka.

1 dari 2 halaman

Jadi Tersangka

Walau Holmes sempat melawan tudingan negatif terhadapnya, skandal Theranos ternyata semakin berkembang, FBI turun tangan, dan berujung pada penutupan perusahaan di tahun 2019. Elizabeth Holmes pun menjadi tersangka penipuan. Kini, wanita itu bahkan tak bisa menyewa penasihat hukum karena masalah uang.

Dilaporkan CNBC, Kantor pengacara Cooley LLP pun akhirnya menghentikan jasa mereka ke Elizabeth. Mereka bahkan pasrah karena tak bisa dibayar.

"Mengingat situasi finansial Nona Holmes saat ini, Cooley (kuasa hukum) tidak memiliki ekspektasi bahwa Nona Holmes akan bisa membayar jasa-jasa kami," ujar pihak Cooley yang ternyata sudah setahun tak mendapat bayaran.

Pekan lalu, Holmes dan Sunny Balwani (54) baru saja kembali hadiri di pengadilan San Jose, California. Sunny merupakan Presiden Theranos yang juga memadu kasih dengan Holmes selama menjabat di Theranos.

Mantan miliuner ini terjerat sembilan kasus tuduhan skema penipuan dan dua kasus konspirasi skema penipuan. Holmes dan Sunny terancam 20 tahun penjara.

2 dari 2 halaman

Startup Rp8,5 Triliun Bangkrut

Ada lagi nasib startup kesehatan yang nasibnya agak mirip Theranos, yakni harus tutup dan berurusan dengan hukum. Bedanya, Theranos fokus ke uji darah, sementara startup ini menguji kotoran manusia.

Startup uBiome yang berfokus di sektor kesehatan harus menyampaikan kabar buruk kepada karyawannya. Perusahaan resmi gulung tikar. Padahal nilai valuasi pasarnya sempat mencapai USD 600 juta atau Rp8,5 triliun (USD 1 = Rp14.190).

Dilaporkan Business Insider, uBiome akan tutup karena kehabisan dana. Berbagai masalah pun sempat timbul seperti soal validitas ilmiah kinerja mereka, yakni meneliti mikrobioma di kotoran manusia.

"Saya harus berbagi kabar buruk. Kita tidak bisa lagi melanjutkan operasi secara normal karena kita tak memiliki pendanaan," tulis uBiome dalam email kepada pegawainya.

Perusahaan tak bisa memperpanjang utang yang mendanai mereka kala bangkrut. Perusahaan pun mengangkat wali amanat (trustee) untuk proses likuidasi.

Sebelumnya, uBiome mengajukan ke bab 11 hukum kebangkrutan AS, mereka pun mencari pembeli untuk mengambil alih aset, menyelamatkan pekerjaan dan agar bisnis inti tetap berjalan. Kini, mereka berganti ke bab 7, yakni penutupan perusahaan.

Startup ini menyebut bisa memberikan insight terbaru soal mikrobioma yang diperiksa melalui kotoran pasien. Tetapi, beredar isu bahwa ada masalah pada sains perusahaan itu. Pihak perusahaan pun melakukan investigasi internal.

Pada April lalu, startup ini digeledah FBI karena mengirim tagihan ke pelanggan untuk biaya hasil tes lab terbaru. Namun, tes itu dilakukan tanpa sepengetahuan si pelanggan. Tagihannya bisa mencapai USD 3.000 (Rp42,5 juta).

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Singgung Perang Dagang, Miliuner Sebut Banyak Teman Bagus Untuk Bisnis
Kemampuan Steve Jobs ini Bikin Iri Orang Terkaya Lain
Menguak Sumber Pendapatan Orang Terkaya Dunia
Orang Terkaya Afrika Hibahkan Rp424 Miliar ke Wanita Tak Mampu

Topik berita Terkait:
  1. Orang Terkaya
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini