Kisah Ciputra Latih Kewirausahaan PSK

Kamis, 28 November 2019 16:03 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kisah Ciputra Latih Kewirausahaan PSK Senior Director Ciputra Group, Tanan Herwandi Antonius. ©2019 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Senior Director Ciputra Group, Tanan Herwandi Antonius menceritakan pengalaman tak terlupakan selama bekerja di bawah tangan Almarhum Ir Ciputra. Dia mengaku merasakan banyak hal berharga yang didapatkan dari salah satu sosok pendiri Ciputra Group tersebut.

Antonius mengisahkan, suatu seketika dirinya pernah panggil oleh Ciputra. Pada saat itu, dia dimintai untuk melatih para pekerja seks komersial (PSK) agar memiliki jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship.

"Pengalaman yang tidak bisa saya lupakan, adalah satu kali saya dipanggil oleh beliau. Beliau mengatakan, kamu harus bisa membantu mantan PSK yang sudah tua bagaimana masa depan mereka," kata dia saat melakukan konferensi pers di tempat persemayaman, Ciputra Word I, Kuningan, Jakarta, Kamis (28/11)

Mendengar pernyataan tersebut, dirinya tidak langsung mengiyakan permintaan Pak Ci. Sebab, di pikiran dia sama sekali tidak tahu bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut. Namun, dirinya merasa kagum atas cara berpikirnya.

"Karena saya tidak tahu caranya bagaimana, tapi dia membicarakan itu terus-menerus hingga saya kagum bahwa ini penting bahwa rakyat jelata, orang-orang menderita itu ada di dalam hati beliau dan dia tahu entrepreneurship akan melepaskan itu," jelas dia.

Tak sampai di situ, keinginannya untuk menjadikan PSK memiliki kemampuan kewirausahaan rupanya juga diterapkan kepada para pekerja migran. Pernah ketika itu, Pak Ci sempat meneteskan air matanya ketika melihat salah satu gambar pekerja migran Malaysia yang mencoba melarikan diri dari lantai ketinggian lantai 15.

Atas dasar itu, kata Antonius dirinya ingin betul agar para pekerja migran mendapatkan binaan serta pelatihan kewirausahaan. "Lalu sejak saat itu kami memutuskan untuk melatih pekerja migran. Kami membantu pengembangan pemberdayaan pekerja migran di Singapura dan Hongkong selama delapan tahun sampai sekarang," tandas dia.

1 dari 1 halaman

Jasa Ciputra

Pendiri Lippo Group, Mochtar Riady mengapresiasi jasa besar pengusaha Ciputra atas perannya dalam membangun Indonesia. Meski berstatus sebagai rival pada sektor industri properti dalam negeri, dia tak mau menafikan sumbangsih Ciputra yang telah bantu membangun perekonomian Indonesia.

"Ini orang luar biasa. Yang perlu kita menghormati dia adalah dia sudah berjasa dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Dan dia juga begitu besar jasanya di dalam pembangunan (dan) pendidikan," ujar dia di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (28/11). [azz]

Baca juga:
Sosok Ciputra di Mata Rina Sang Anak
Petuah Ciputra ke Generasi Muda: Banyak Berkarya, Kita Hidup Tidak Lama
Bos Lippo Apresiasi Jasa Ciputra dalam Pembangunan Indonesia
Jenazah Ciputra Telah Berada di Ciputra Artpreuner untuk Disemayamkan
Jenazah Ciputra Disemayamkan di Artpreneur Ciputra Word I
Bos Crown Group: Ciputra Sosok Legendaris Tak Lekang Ditelan Waktu

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini