Ketegangan Konflik Iran-AS Menurun, Rupiah Menguat ke Level Rp13.851 per USD

Kamis, 9 Januari 2020 13:13 Reporter : Siti Nur Azzura
Ketegangan Konflik Iran-AS Menurun, Rupiah Menguat ke Level Rp13.851 per USD idr rupiah. shutterstock

Merdeka.com - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Kamis (9/1), berpotensi menguat seiring turunnya tensi antara Amerika Serikat (AS) dan Iran untuk sementara waktu. Seperti diketahui, Rupiah sempat melemah kemarin usai Iran melakukan balas dendam atas penyerangan AS.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah dibuka di Rp13.860 per USD, menguat tipis dibanding penutupan sebelumnya di Rp13.900 per USD. Rupiah sempat melemah ke Rp13.868 usai pembukaan, namun kembali menguat hingga ke Rp13.851 per USD. Saat ini, Rupiah berada di level Rp13.858 per USD.

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memperkirakan rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran Rp13.850 per USD hingga Rp13.920 per USD.

"Rupiah kemungkinan akan menguat merespon pernyataan Trump semalam yang tidak mendorong eskalasi konflik dengan Iran," kata Ariston di Jakarta, dikutip Antara, Kamis (9/1).

1 dari 1 halaman

Meredanya Ketegangan Iran-AS

Menurutnya, AS menyatakan mundur dari konflik dan menolak untuk membalas Iran. Iran sebelumnya juga sudah mengeluarkan pernyataan tidak akan perang dan tidak akan menyerang lagi bila AS tidak membalas.

"Jadi ketegangan mereda untuk sementara ini. Rupiah kemungkinan bisa bergerak di bawah 13.900," ujar Ariston.

Konflik antara AS dengan Iran memang dikhawatirkan akan semakin menambah daftar panjang ketidakpastian ekonomi global, di mana sebelumnya AS lebih dulu mengerem laju pertumbuhan global akibat perang dengan China. [azz]

Baca juga:
Ada Konflik Iran-AS, Garuda Indonesia Diimbau Ubah Rute Penerbangan ke Eropa
Kemarin Sesumbar Militer AS Terkuat, Kini Trump Malah Takut Perang dengan Iran
Harga Minyak Dunia Turun Drastis Usai Trump 'Mengecilkan' Serangan Balasan Iran
Puing Rudal Iran yang Serang Pangkalan AS di Irak
Perang Dunia Ketiga di Ambang Mata, 3 Skenario Konflik Iran-AS yang Mungkin Terjadi
Minyak Makin Mahal Akibat Konflik Iran-AS, Harga BBM dan Tarif Listrik RI Terdampak

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini