Ketahui ciri lowongan kerja palsu ala perusahaan penipu

Rabu, 1 April 2015 07:06 Reporter : Novita Intan Sari
Ketahui ciri lowongan kerja palsu ala perusahaan penipu Ilustrasi lowongan pekerjaan. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock

Merdeka.com - Tidak dipungkiri, kehadiran internet menandai masuknya era modern dalam kehidupan manusia. Perannya semakin penting seiring bergeraknya zaman.

Kehadirannya pun dipandang bagai pedang bermata dua, bisa menguntungkan sekaligus merugikan. Merugikan dalam arti sering digunakan untuk tindak kejahatan bahkan kriminalitas. Tujuannya meraup fulus dari korban mereka.

Salah satu bentuk penipuan, membuat lowongan pekerjaan palsu dengan membuat perusahaan fiktif. Bahkan ada juga yang mencatut nama perusahaan besar dengan iming-iming gaji selangit. Tidak sedikit masyarakat yang akhirnya tertipu.

Country Manager Jobstreet.com, Farida Lim tidak menampik maraknya penipuan di situs pencari kerja. Banyak pencari kerja tergiur dengan tawaran bekerja di perusahaan ternama atau digaji fantastis. Hal ini mempermudah penipu mengunggah iklan lowongan kerja palsu.

"Pencari kerja biasanya mencari dan mau bekerja di perusahaan terkenal dan melihat besaran gaji. Good image sangat menjadi daya tarik dan diminati para pencari kerja," ujarnya ketika dihubungi merdeka.com, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Farida mengingatkan seluruh pencari kerja di Indonesia untuk hati-hati dalam proses lamaran kerja. Teliti terlebih dulu nama perusahaan dan jangan mau membayar sepeserpun dengan iming-iming mendapatkan pekerjaan dan gaji besar. Perusahaan tidak akan meminta uang dari calon pegawainya. Itu ciri awal mendeteksi penipuan lowongan kerja.

Menurut Farida, sebenarnya kita bisa mendeteksi apakah lowongan kerja tersebut valid ada atau hanya penipuan. Ada beberapa ciri ciri lowongan kerja palsu dari perusahaan fiktif yang bisa diketahui sejak awal. Berikut ciri-ciri lowongan kerja palsu di internet menurut Farida:

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini