Keselamatan penerbangan Indonesia terbaik ke-2 di Asia Tenggara

Rabu, 25 April 2018 11:04 Reporter : Dwi Aditya Putra
Keselamatan penerbangan Indonesia terbaik ke-2 di Asia Tenggara Ilustrasi pesawat take off. © BBC.com

Merdeka.com - Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi dan Investasi Transportasi, Wihana Kirana Jaya, mengungkapkan Indonesia saat ini terus berupaya untuk mencapai industri penerbangan kelas dunia. Perbaikan ditunjukan berdasarkan hasil audit keselamatan penerbangan Indonesia yang mampu mencapai 81,15 persen.

"Saat ini Indonesia peringkat kedua keselamatan penerbangan di ASEAN," kata Wihana dalam acara diskusi Peluang dan Tantangan Industri Penerbangan indonesia di Era ASEAN SAM, di JL Luwansa Hotel, Jakarta, Rabu (25/4).

Bahkan, dalam peringkat daya saing di infrastruktur Indonesia (Global Competitiveness Index), komponen transportasi yang mengalami peningkatan. Dari ranking ke-41 pada 2016, posisi ranking penerbangan Indonesia naik menjadi 36 pada 2017.

Selain itu, dia juga mengungkapkan Bandara Soekarno Hatta pada 2017 masih dalam peringkat 100 bandara terbaik di peringkat ke-44. Hal ini meningkat dari 2016 yang ada di posisi ke-33. "Ini menunjukkan potensi Indonesia pada pelayanan airport ke arah penerbangan yang cukup membaik," imbuhnya.

Meski demikian, dia mengatakan ada beberapa tantangan pada industri penerbangan Indonesia di era SAM. Di mana dalam hal ini, kesiapan sektor udara belum keseluruhan dapat dikatakan siap.

"Pemerataan pembangunan infrastruktur yang mendukung industri penerbangan masih banyak yang dalam katagori proses pembangunan," tandasnya.

[bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini